News

Sultan Membolehkan Warung Makan Buka, Asal Jaga ini

0
Gubernur DIY
Sultan Sapa Aruh di Kompleks Kepatihan (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, Info – Gubernur DIY Sultan HB X tidak mempermasalahkan warung makan atau usaha restoran di DIY untuk tetap buka. Namun ia akan mengeluarkan imbauan untuk menjaga jarak tertentu seperti tempat duduk diberi jarak satu meter.

“Daripada tutup, boleh buka silahkan tetapi (tempat duduk) jaraknya satu meter itu dipatuhi. Jadi mungkin satu meja kalau jaraknya kurang dari satu meter, kursi lain diberi tanda merah. Tidak boleh diduduki berarti hanya ada satu orang yang menduduki,” ujarnya di Bangsal Kepatihan Senin (23/3/2020).

Sultan mengatakan para pelaku usaha dapat mematuhi standar operasional prosedur (SOP) tempat duduk dengan jarak satu meter. Hal ini pun sudah ia lakukan di lingkungan kraton setiap pertemuan internal.

Baca Juga : Sultan : Dua RS yang Akan Tangani Pasien Positif Corona

Sultan berharap adar hal ini juga dilakukan warganya dalam kegiatan di masyarakat meski jumlahnya sedikit. Cara ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penyebaran Covid-19.

“Kami di Kraton mencoba meng-across seperti itu, silahkan bertemu tetapi jarak duduknya harus sekian, sekian. Ini coba, kami bisa melakukan, semoga harapan saya masyarakat Jogja juga bisa melakukan. Sehingga kesadaran kita bersama untuk bisa menghargai itu baik. Karena yang kalau kita punya virus itu jelas akan menular kepada orang lain,” katanya.

Sultan mengimbau kepada warga agar tidak berkumpul dalam jumlah banyak, tetapi jika memaksa harus berkumpul lebih dari satu orang sebaiknya diatur jarak tempat duduknya. Hal ini menururnya bisa diberlakukan juga pada sejumlah layanan publik seperti tempat pembelian tiket kereta api.

“Kalau antre untuk ke bioskop atau mungkin cari tiket kereta api atau apa pun bisa enggak kita pada waktu antre dengan berjarak satu meter, tidak berdempetan. Karena yang membahayakan banyak berkumpul orang yang berhimpitan itu. Tetapi kami akan mencoba bagaimana masyarakat bisa menjaga diri tertib,” ujarnya.

Pekan Suci Paskah Dilakukan Secara Online

Previous article

250 Masjid Disemprot Disinfektan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News