Kab Bantul

Bantul Kekurangan Alat Pelindung Diri Corona Covid-19

0
PMI Kota Yogyakarta
GBPH Prabukusumo, Ketua PMI DIY menyerahkan bantuan peralatan sprayer dan perlengkapan lainnya guna penanganan virus Corona di DIY

STARJOGJA.COM, Info – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona virus Disease 2019 (Covid-19) Bantul mengalami kekurangan banyak alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis yang menangani pasien yang mengarah pada Covid-19. Persediaan APD yang ada saat ini hanya cukup untuk sepekan ke depan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan  alat pelindung diri  yang tercatat di gudang Dinas Kesehatan per 21 Maret lalu untuk masker biasa sebanyak 195.750 lembar, 1.063 masker N95, hand sanitizer sebanyak 1.562 botol, 180.000 sarung tangan, 1.697 botol alkohol, dan gaun sebanyak 48 unit.

“Itu yang ada laporan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Bantul,” kata Sri Wahyu, di Dinas Kesehatan Bantul, Selasa (24/3/2020).

Baca Juga : Pemerintah Siapkan Pemeriksaan Massal Corona

Pria yang disapa dokter Oky ini memperkirakan ketersediaan APD tersebut hanya cukup sampai akhir Maret terutama gaun.

Pihaknya sudah mengajukan pengadaan melalui dana tidak terduga ke dua perusahaan di Bantul. Ia berharap pengadaan APD itu bisa terealisasi pada pekan ini.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo mengaku sudah mendapat kepastian kesanggupan dari perusahaan yang akan memasok APD tersebut. APD itu nantinya akan didistribusikan ke semua rumah sakit agar petugas kesehatan merasa aman terutama yang melayani pasien yang mengarah ke Covid-19.

Pihaknya belum bisa berhitung apakah APD yang dipesan tersebut mencukupi sampai akhir periode tanggap darurat Covid-19 pada akhir Mei. Selain memesan langsung APD melalui dana tak terduga Pemkab, Rumah Sakit Umum Daerah Panembahan Senopati Bantul juga membuka donasi bagi siapapun dan dari lembaga manapun untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pasien Covid-19.

“Donasi nanti akan dibuka lewat pintu PMI. Sementara penggunaannya nanti akan dikoordinasikan antara Pemkab dan PMI untuk menentukan mana yang lebih membutuhkan,” kata Agus.

Sumber : Harianjogja

UEFA Mundurkan Jadwal Final Liga Champions

Previous article

Hujan Deras, 2 Tanah Longsor di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul