Flash Info

Ingin Ajukan Penangguhan Cicilan, Begini Caranya

0
ganjal ATM
bank (Istimewa)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Asosasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) meminta nasabah agar datang langsung ke perusahaan multifinance atau leasing supaya memahami aturan tentang relaksasi kredit atau penangguhan cicilan.

Ketua APPI Suwandi Wiratno menjelaskan bagi nasabah yang mau mendapatkan program relaksasi kredit ini, harus menjelaskan alasannya terlebih dahulu.

“Harusnya nasabah datang ke perusahaan leasing, jelaskan kenapa pendapatannya turun. Nanti akan diambil tindakan untuk mengatasi masalah itu,” ujarnya dikutip dari  Bisnis.com, Kamis (26/3).

Baca juga : SLIK Tekan Resiko Kredit Bermasalah

Dia mengaku relaksasi kredit yang dimaksud pemerintah, sudah dijelaskan oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, yaitu berupa restrukturisasi kredit dengan sejumlah pilihan yang dapat disepakati antara nasabah dengan perusahaan.

Beberapa pilihan dimaksud, yaitu penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahan fasilitas kredit atau pembiayaan, dan konversi kredit atau pembiayaan menjadi modal.

Meski ada program penangguhan angsuran ini dari pemerintah, pihaknya mengingatkan nasabah agar yang mengajukan itu benar-benar terdampak masalah akibat situasi saat ini.

“Namun, jangan pula [kondisi] enggak susah, bilangnya sedang kondisi susah. Nanti akan dicek tabungannya ada berapa,” ujarnya.

Sumber : Bisnis.com

Bayu

1 Orang Positif Covid-19 di Gunungkidul Dari Jakarta

Previous article

Yakin Terkena Corona, Sandiaga Uno Isolasi Mandiri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info