Kota JogjaNews

Jumlah Penumpang Terminal Giwangan Turun 40 Persen

0
klakson telolet

STARJOGJA.COM, JOGJA – Jumlah penumpang bus  di Terminal Giwangan mengalami penurunan sekitar 40 persen dalam satu pekan terakhir ini.

Penurunan terjadi baik untuk antar Kota Dalam provinsi, maupun Antar Kota Antar Provinsi.

Penurunan penumpang terjadi hampir merata dari seluruh rute kedatangan dan keberangkatan, namun penurunan paling signifikan terjadi untuk penumpang keberangkatan dan kedatangan dari arah Jakarta.

“Kecenderungan penurunan jumlah penumpang sudah terjadi sejak 21 Maret. Tidak hanya jumlah penumpang yang turun tetapi jumlah bus pun turun,” kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta dikutip dari Antara, Kamis (26/3).

Baca juga : Lantai 3 YIA Jadi Terminal Keberangkatan

Berdasarkan data pada Rabu (25/3), jumlah penumpang bus yang datang di Terminal Giwangan tercatat sebanyak 1.572 orang dan penumpang yang diberangkatkan tercatat sebanyak 2.533 orang.

Jumlah tersebut menurun signifikan jika dibanding awal Maret yaitu sebanyak 7.591 penumpang datang dan 10.951 penumpang yang diberangkatkan.

Meskipun jumlah penumpang di Terminal Giwangan menurun signifikan, namun Bekti mengatakan, upaya pencegahan penularan virus corona tetap dilakukan dengan penyemprotan disinfektan dua kali sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Terminal juga memberlakukan aturan untuk mewajibkan seluruh penumpang yang baru turun dari bus agar mencuci tangan di wastafel yang berada di area kedatangan.

“Kami juga sudah siapkan sabun untuk mencuci tangan,” katanya.

Penyemprotan tidak hanya dilakukan di badan bus saja tetapi juga dilakukan pembersihan di bagian dalam bus untuk memastikan agar bus dalam kondisi bersih dan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang berikutnya.

“Kami pun melakukan pengecekan suhu untuk calon penumpang. Sampai sekarang tidak ditemukan penumpang yang mengalami demam, atau memiliki suhu tubuh lebih dari 38 derajat Celsius,” katanya.

Jika nantinya ditemukan penumpang yang mengalami demam, Bekti mengatakan, Terminal Giwangan akan menghubungi layanan kegawatdaruratan untuk membawa penumpang ke fasilitas pelayanan kesehatan.

 

 

Di Rumah Aja Jadi Lagu Baru Sandy Canester

Previous article

Ini Pernyataan LBM PWNU DIY Shalat Jumat Saat Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja