Ini Langkah Pemda Jaga Perekonomian DIY

0
Covid-19 Sultan
Sultan Sapa Aruh di Kepatihan (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemda Siapkan Langkah Jaga Perekonomian DIY yang terkena dampak Corona. Re-alokasi anggaran jadi alternatifnya.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X sedang melakukan perumusan teknis terkait dengan re-alokasi anggaran untuk menghadapi pandemik virus Corona. Hal tersebut dilakukan guna menjaga perekonomian daerah serta kesejahteraan masyarakat DIY tetap terstandar.

Sri Sultan mengungkapkan, pemerintah pusat sudah mengarahkan kebijakan terkait relokasi anggaran tersebut. Re-alokasi anggaran ini dilakukan guna memperkuat bantuan kepada masyarakat yang rentan terhadap dampak perubahan ekonomi yang di akibatkan oleh wabah Virus Corona.

” Re-alokasi anggaran di OPD harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Sehingga anggaran yang mampu mendukung perekonomian justru tidak terakomodir,” kata Sultan, usai menggelar rapat dengan Forkopimda DIY, Kamis (26/03) di Gedung Pracimosono, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Gubernur DIY yang didampingi Wagub DIY serta Sekda DIY ini menghimbau perbankan untuk berkoordinasi dengan OJK, BI dan Pemda. Sri Sultan telah melakukan dialog dengan pihak-pihak tersebut agar membantu debitur mendapatkan peninjauan angsuran maupun pelunasan pinjaman pokok bunga apabila memungkinkan.

“Pemerintah daerah juga akan membantu debitur untuk menyelesaikan dan menjembatani dengan perbankan Yogyakarta sesuai arahan dari Bank Indonesia maupun OJK yang tadi sudah menjadi keputusan bersama,” ujar Sri Sultan.

Selain itu, pihaknya juga memperkuat bantuan kepada warga yang rentan terhadap Covid-19. Hal ini dilakukan melalui berbagai aspek jaminan sosial yang dimungkinkan bagi Pemda DIY dalam memberikan bantuan kepada masyarakat. Sultan berharap kebijakan ini bisa dilakukan dengan cepat.

“Tapi saya harapkan masyarakat memahami tantangan-tantangan yang kita hadapi. Karena kita memerlukan kebersamaan di antara kesemuanya dalam upaya kesederhanaan dan disiplin kita untuk mengatasi Corona ini,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here