Kab Bantul

Rutan Pajangan Tunda Terima Tahanan

0
Napi terorisme
ilustrasi tahanan teroris

STARJOGJA.COM, Info – Rumah Tahanan atau Rutan Pajangan Kelas II B Bantul untuk sementara menunda penerimaan tahanan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Untuk sementara tahanan pun akan menempati tempat asalnya, yakni di polsek atau polres hingga menunggu situasi terbilang aman.

Kepala Rutan Pajangan Kelas II B Bantul, Doni Handriansyah mengatakan hingga Jumat (27/3/2020), jumlah tahanan di rutan yang biasa dikenal dengan nama Rutan Pajangan itu mencapai 160 orang. Selama pandemi belum berakhir, kata dia, Rutan Pajangan tidak menrima tahanan. “Untuk sementara [tahanan] ditempatkan di polsek atau polres penahan. Surat peperpanjangan penahanan pun juga diterbitkan oleh kejaksaan,” ucap dia, Jumat.

Sementara untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, Rutan Bantul juga menerapkan standar keamanan dan kebersihan yang ketat. Alat penyemprot disinfektan otomatis ditempatkan di dua titik, yakni di luar dan di dalam rutan.

Baca Juga : Gara-gara Mudik, Pasien Positif Corona Bertambah

Doni menambahkan frekuensi kunjungan dan interaksi tatap muka juga dikurangi guna meminimalkan kontak fisik, termasuk pihak keluarga yang ingin menengok warga binaan.

Sebagai gantinya, pihak Rutan Bantul menyediakan fasilitas video call yang bisa dipakai mengikuti jadwal kunjungan. Proses persidangan juga diganti dengan menggunakan aplikasi telekonferensi. “Kunjungan keluarga kami tiadakan sementara. Kami sudah menyediakan alat untuk video call,” katanya.

Tak hanya itu, petugas rutan dan warga binaan wajib melaksanakan pemeriksaan suhu setiap hari. Vitamin juga diberikan agar mereka tetap sehat selama berada di dalam rutan. “Seluruh sudut rutan disemprot disinfektan setiap hari. Ditambah lagi, ada tujuh titik hand sanitizer yang bisa dipakai oleh petugas dan warga binaan,” ucap dia.
Sumber : Harianjogja

Wakil Wali Kota Bandung Bebas Covid-19

Previous article

Merapi Kembali Erupsi Pada Sabtu Pagi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul