Kota JogjaNews

Relawan PMI Semprot Disinfektan di 439 Titik 

0
PMI Kota Yogyakarta
GBPH Prabukusumo, Ketua PMI DIY menyerahkan bantuan peralatan sprayer dan perlengkapan lainnya guna penanganan virus Corona di DIY

STARJOGJA.COM, JOGJA – 500 relawan PMI Semprot Disinfektan di 439 Titik. Penyemprotan dimulai dari 19 Maret 2020 ke berbagai lokasi pelayanan publik dan fasilitas umum.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY), GBPH H. Prabukusumo.

“Sampai dengan saat ini (28/3/2020) PMI telah mengerahkan sekitar 500 relawan menyemprot disinfektan di 439 titik di seluruh wilayah DIY,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya kepada Starjogja.com, Minggu (29/03).

Untuk memaksimalkan upaya pencegahan corona, PMI DIY akan menyerahkan peralatan respons Covid-19 tahap ketiga kepada 5 PMI Kabupaten/Kota se-DIY, Senin (30/03). Peralatan tersebut di antaranya 78 (tujuh puluh delapan) sprayer elektrik kapasitas 16 liter, megafon sejumlah 20 unit, disinfektan 75 kilogram, dan juga hand sanitizer.

” 78 sprayer nantinya akan kami bagikan kepada PMI Kecamatan se-DIY melalui PMI Kabupaten/Kota. Sedangkan megafon kita gunakan untuk penyuluhan kepada masyarakat.

Gusti Prabukusumo menuturkan, selain penyemprotan, PMI juga mengedukasi masyarakat untuk mencegah paparan COVID-19,

”PMI memberikan edukasi tentang penyemprotan, dari mulai penggunaan alat perlindungan personel (APD), menyiapkan penyemprotan sampai dengan cara menyemprot disinfektan. Dari masyarakat untuk masyarakat, kesiapsiagaan dari diri sendiri seperti cara cuci tangan yang benar”.

Ia mengatakan Keselamatan personel PMI juga diutamakan. Di DIY, dari Dewan Kehormatan, Pengurus dan karyawan diberikan kit personel berupa masker, hand sanitizer, juga multi vitamin.

” Untuk relawan yang ditugaskan di Kabupaten/Kota juga sesuai dengan panduan keselamatan personel, termasuk asuransi untuk mereka”, jelas Gusti Prabu.

Menghadapi Covid-19 ini PMI telah mengeluarkan berbagai protokol atau panduan terkait berbagai pelayanan di PMI termasuk di dalamnya adalah pelaksanaan donor darah.

“PMI juga membuka kesempatan kepada masyarakat, para dermawan yang akan membantu respons COVID-19 ini melalui PMI DIY. Kami masih membuka donasi melalui Bank Mandiri Cab Sudirman, nomor rekening 137-000-7449-594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY”, kata Gusti Prabu.

Jamaah Umrah yang Tertahan di Arab Saudi dalam Kondisi Baik

Previous article

Wilayah Menutup diri, Sekda Bantul : Jangan Berlebihan!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja