Flash Info

Rusia Lockdown Wilayah Cegah Penyebaran Virus Corona

0
Korut Rusia
Rusia kirimi Turki Rudal (reuters)

 STARJOGJA.COM, Info – Rusia berencana menerapkan karantina atau lockdown wilayah guna menekan laju penyebaran virus corona (Covid-19). Kebijakan itu akan diterapkan pertama-tama untuk ibu kota Moskow yang mencatat dua per tiga kasus nasional.

Dikutip dari Bloomberg Senin (30/3/2020), Perdana Menteri Rusia Mikhail Mishustin mengungkapkan bahwa kepala daerah perlu mengadopsi restriksi. Hal ini seiring dengan perintah Walikota Moskow Sergei Sobyanin.

Dengan populasi sebesar 12,7 juta orang, total kasus Covid-19 mencapai 1.014 orang pada Minggu (29/3/2020) atau sekitar dua per tiga dari total kasus di negara terbesar di dunia tersebut.

Baca Juga : Rusia Tunda Masuknya Warga Negara China

Sobyanin memperingatkan dalam sebuah pernyataan di situs web bahwa perluasan virus corona di ibu kota terbesar di Eropa itu telah memasuki fase baru.

Dia mengatakan bahwa pihak berwenang akan segera menyusun aturan perizinan khusus bagi masyarakat yang hendak melakukan kegiatan di luar rumah melalui sistem pintar sebagai alat pemantau jarak jauh.

Mereka yang mau keluar rumah hanya boleh melakukan beberapa hal seperti pergi ke tempat makan, apotek, membuang sampah, atau mengajak hewan peliharaannya berjalan hanya sekitar 100 meter dari tempat tinggalnya.

Perwakilan WHO di Rusia mengeluhkan bahwa masyarakat Moskow masih banyak yang mengabaikan instruksi pihak berwenang untuk tinggal di rumah dan menjaga social distancing.

Nikolai Malyshev, seorang spesialis penyakit menular terkemuka di Kementerian Kesehatan Rusia memperingatkan bahwa Rusia sedang menghadapi ancaman ledakan kasus virus corona layaknya reaksi nuklir. “Dalam waktu dekat, sejumlah besar orang akan jatuh sakit dan membutuhkan perawatan medis,” katanya.

Pada 25 Maret 2020, Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan bahwa pekan ini menjadi pekan tanpa kerja. Namun, belum ada langkah-langkah krusial yang bakal diambil seperti pembatasan pergerakan.

Pemerintah menghentikan semua penerbangan internasional pada hari Jumat dan Mishustin meminta daerah untuk menutup sebagian besar kegiatan bisnis. Pemerintah menutup semua perbatasan darat Rusia yang berlaku Senin.

Sumber : BIsnis

Sultan Keluarkan SE Bagi Pemudik dan Pendatang Jogja

Previous article

Polri Siap Jika Darurat Sipil Diterapkan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info