FeatureHealth

Tips Menjaga Tubuh Sehat di Tengah Virus Corona

0
Tips Sehat
Guru Besar UGM Prof Endang Sutriswati Rahayu (Humas UGM)

STARJOGJA.COM, Info – Guru Besar UGM Prof Endang Sutriswati Rahayu menyampaikan  tips menjaga tubuh sehat segar agar tidak mudah terserang penyakit di saat wabah virus corona covid-19. Menurut Dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM menganjurkan  selalu makan makanan bergizi, berimbang dan bervariasi. Dalam satu piring makan, porsi makanan yang paling sederhana yang diperlukan yaitu sepertiga nasi, sepertiga sayur, sepertiga lagi terdiri dari lauk dan buah.

Ia menyampaikan bahwa seseorang yang memiliki pola makan yang baik, diet seimbang, bergizi dan bervariasi cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat dengan sistem imun tubuh yang lebih kuat, dan memiliki risiko rendah terhadap serangan penyakit infeksi dan kronis. Berbagai jenis makanan segar atau yang diproses secara minimal merupakan sumber vitamin, mineral, serat, protein serta antioksidan.

“Sedapat mungkin mengolah sayur dengan proses yang minimal, misalnya dimasak tumis serta jumlah yang dimasak secukupnya saja.  Hal ini untuk menghindari pemanasan ulang makanan sisa, saat mau dimakan.  Pemanasan berkali-kali akan merusak vitamin-vitamin yang penting,” kata Endang Rahayu kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Baca juga: Lidah Beritahu Kondisi Kesehatan, Lihat Arti Penampakan

Beberapa sayuran dan bumbu dikenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu, brokoli, bayam, buncis, wortel, bawang putih, jahe, kunyit.  Sedang buah-buahan adalah jeruk, lemon, mangga, pepaya, jambu, semangka, stroberi, kiwi, paprika. Jenis kacang almon juga dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh, demikian juga ikan seperti salmon, tuna, dan lainnya dikenal memiliki omega 3 dan asam lemak tidak jenuh yang penting untuk tubuh sehat.

Untuk mendukung tubuh sehat kita juga perlu minum cukup air, yaitu 8 sampai 10 gelas setiap hari.  Walaupun air putih merupakan pilihan yang terbaik namun air air juga dapat dipenuhi dengan mengonsumsi teh, kopi, jus, dan sebagainya.

Namun begitu, ia megingatkan pentingnya mengonsumsi makanan segar atau yang diproses minimal setiap hari. Selanjutnya mengurangi camilan apalagi dengan rasa asin, manis dan lezat dengan menggantikannya dengan buah segar. “Jika masih mengonsumsi minyak lemak maka secukupnya saja, termasuk mengurangi makanan yang digoreng yang memang lebih terasa lezat,” kata Endang.

Di situasi sekarang ini, menurutnya orang tidak perlu mengubah pola makan secara drastis, untuk mencegah terjadinya masalah pada pencernaan. “Sebaiknya mengurangi makan di luar apalagi dalam situasi saat ini saat dunia sedang dilanda covid 19, menerapkan physical distancing, serta mencegah penularan dari lingkungan yang telah terinfeksi,” ujarnya.

Berolah raga teratur dan berjemur menurutnya sangat diperlukan untuk mendapatkan vitamin D langsung dari sinar matahari. Istirahat yangn cukup. “Jangan lupa tetap bahagia dan bersemangat, karena hal ini merupakan modal penting untuk mendukung kesehatan tubuh dan mental, agar kita dapat menekan risiko serangan penyakit,” katanya.

Dengan pola makan yang baik, tambahnya, sebetulnya kita tidak perlu lagi mengonsumsi vitamin atau suplemen.  Kecuali untuk individu yang sedang kurang sehat atau sedang mengalami kelelahan yang luar biasa saat pekerjaan menumpuk, bisa ditambah dengan suplemen.  “Orang tua, khususnya yang rentan dengan penyakit, kadang juga disarankan mengonsumsi beberapa suplemen sesuai dengan kebutuhannya,” katanya.

Elon Musk Penuhi Janji Sediakan Ventilator

Previous article

Tangani Covid-19, DIY Sediakan 150 Ruang Isolasi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature