NewsNusantara

Relawan Punya Peran Besar Lacak Kasus Covid-19

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM. JAKARTA – Relawan Punya Peran Besar Lacak Kasus Covid-19.  Pemerintah mengapresiasi relawan yang tergabung untuk penanganan Covid-19. Relawan kesehatan yang berada di daerah telah membantu penyelidikan epidemiologi dengan melakukan kegiatan pelacakan kasus Covid-19 dan telah berhasil mengumpulkan lebih dari 7193 spesimen.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan spesimen dari Relawan Lacak Covid-19 ini akan diperiksa untuk mengetahui positif atau negatif Covid-19.

” Kegiatan untuk mencari dan menemukan kasus positif Covid-19 di tengah masyarakat harus tetap dilakukan. Karena dengan menemukan kasus positif di masyarakat maka upaya isolasi dan karantina bisa segera dilakukan agar tidak terjadi penularan penyakit kepada orang lain, ” kata Yuri, dikutip dari video jumpa pers yang ditayangkan BNPB.

BACA JUGA : Relawan PMI Semprot Disinfektan di 439 Titik 

Ia kembali menekankan pentingnya untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 yang mana masyarakat harus secara konsisten disiplin menjaga jarak aman antara dua meter dalam berkomunikasi sosial agar tidak terjadi penularan secara langsung dari orang yang positif kepada orang lain yang rentan.

” Hindari kegiatan-kegiatan yang penuh sesak dan yang sifatnya berkumpul, atau menghindari kerumunan, ” tegasnya.

Sebagai bagian dari upaya pencegahan penularan Covid-19 yang tak kalah pentingya, masyarakat juga harus membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada air yang mengalir setidak-tidaknya 20 detik, dan diam di rumah.

“Lebih aman berada di rumah. Oleh karena itu, tetaplah berada di rumah. Bekerjalah dari rumah. Kemudian, belajarlah dari rumah dan beribadahlah di rumah,” tutup Yurianto.

Corona Jadi Krisis Global Terbesar Sejak Perang Dunia II

Previous article

Kata Ahli, Orang Sehat Tetap Memakai Masker

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News