Flash InfoLifestyle

Ini Alasan WFH Terasa Lebih Lama

0
Freelancer
bekerja di rumah (Startworknow)

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Saat kita bekerja dari rumah alias work from home (WFH) , tak jarang terasa lebih lama jam kerjanya apabila dibandingkan saat di kantor. Ya… WFH Terasa Lebih Lama.

Apa yang terjadi dengan WFH Terasa Lebih Lama ? 

Dilansir dari CNBC, Minggu (5/4/2020), Gemma Lloyd, CEO perusahaan jaringan pekerjaan global Work180 mengatakan, ada kecenderungan pegawai bekerja dengan durasi lebih panjang di rumah. Sebab, ada kesulitan menyesuaikan diri dan mematok batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

” Jam kerja seseorang biasanya terstruktur dari berangkat dari rumah untuk segera sampai di kantor hingga pulang. (Sementara ketika kerja dari rumah) tidak ada keharusan buru-buru menyelesaikan pekerjaan untuk mengejar kereta pulang. Tidak ada urgensi yang sama,” kata Lloyd.

Sementara itu, pendiri platform karier Flexa, Molly Johnson-Jones menerangkan, banyak pegawai yang ingin membuktikan kepada perusahaan bahwa mereka bekerja keras meski kerja dari rumah.

Meskipun demikian, Johnson-Jones menyatakan, rasa ingin membuktikan produktivitas pada akhirnya akan berkurang ketika sudah mulai terbiasa kerja dari rumah.

Untuk menciptakan batasan yang baik antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, dia menyarankan pegawai untuk tidak merasa ada tekanan bahwa waktu yang biasanya terpakai untuk perjalanan ke kantor dan pulang harus digunakan untuk bekerja.

Sebaliknya, waktu satu hingga dua jam yang biasanya terpakai untuk perjalanan dapat dimanfaatkan untuk berolahraga, memasak, atau menghabiskan waktu dengan keluarga. Selain itu, Johnson-Jones juga menyarankan Anda rutin istirahat sejenak ketika kerja dari rumah.

“Ini bagus agar Anda sadar sudah berapa lama Anda menatap layar tanpa beristirahat,” ujarnya.

Adapun Lloyd menyarankan Anda memasang alarm untuk mengingatkan bahwa jam kerja sudah berakhir, misal di sore hari pukul 17.00 atau 18.00.

“Jika Anda masih ingin bekerja melebihi jam tersebut, tidak apa-apa. Namun, jangan bekerja hingga terlalu larut,” saran Lloyd.

Terakhir, Johnson-Jones mengingatkan Anda bahwa situasi kerja dari rumah bersifat sementara. Sehingga, tidak ada salahnya Anda beradaptasi dan tidak memaksakan diri.

“Pelajaran yang dapat dipetik adalah Anda dapat mengatur keseimbangan karier dan kehidupan pibadi di masa mendatang, sebab Anda merasa kerja dari rumah selama beberapa waktu benar-benar membantu Anda mengelola stres dan produktivitas ketika sudah terbiasa,” ucapnya

Jangan Sembarangan Minum Obat Chloroquine

Previous article

Mulai hari ini, Masyarakat Harus Gunakan Masker

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info