Kota JogjaNews

DPRD DIY Minta Pemda Bantu Logistik Warga Perantauan

0
Logistik Warga Perantauan
FOTO : istimewa

STARJOGJA.COM, JOGJA – Cegah Mudik, DPRD DIY Minta Pemda Bantu Logistik warga Perantauan.

DPRD DIY meminta Pemda DIY untuk memberi bantuan logistik kepada perantau di Jabodetabek. Hal tersebut dinilai efektif untuk menekan angka perantau agar tidak mudik ke DIY di tengah pandemi Corona.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengatakan kebijakan Pemda DIY yang meminta perantau asal DIY agar tidak mudik harus diiringi dengan langkah konkret. Langkah itu seperti melakukan koordinasi antarPemda untuk membahas skema pemberian bantuan bagi perantau.

“Setelah melakukan seruan agar perantau tidak mudik, Pemerintah harusnya mengkoordinasikan Pemda untuk membantu dan menjamin kebutuhan hidup para perantau,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya kepada starjogja.com, Jumat Malam ( 10/04).

“Harapannya, dengan dukungan logistik bagi para perantau, warga bisa tenang di perantauan dan tidak pulang,” lanjut Ketua DPC PDIP Kota Yogyakarta tersebut.

Eko mengatakan Pemerintah Pusat dan Pemda, harus memberikan fasilitas bantuan logistik atau bantuan dalam bentuk lainnya untuk meringankan beban perantau di daerah lain yang selama ini ikut menggerakkan perekonomian. Fasilitasi bantuan ini setidaknya bisa dijalankan sampai masa lebaran tahun 2020.

“Pemda DIY kita harapkan dapat berkomunikasi dengan Pemerintah dan Pemda khususnya DKI, Banten dan Jabar untuk membahas hal ini dan bergotong-royong membantu para perantau,” imbuh Eko.

Eko Suwanto dalam kapasitas sebagai Komisi A DPRD DIY menyebutkan telah berkomunikasi dgn Kepala Kantor Bahubda di Jakarta agar melakukan komunikasi dan mendampingi paguyuban warga DIY di Jabodetabek dan melakukan pendataan warga perantau DIY yang di Jabodetabek.

Komisi A mendukung Kantor Bahubda intensif komunikasi Ikatan Keluarga Gunung Kidul (IKG), Warga Sleman di Jakarta (Manunggal Sembada) dan Warkaban (Warga Kab. Bantul) serta paguyuban Masyarakat Kulonprogo dan Kota Yogyakarta di Jakarta. Informasi yang ada, lebih dari 200 ribu warga DIY yang merantau di Jabodetabek.

“Dari aspek penganggaran yang bersumber dari APBD DIY dan Danais sangat memungkinkan dilakukan re-design sesuai dengan Permendagri 20/2020. Tentu bantuan hanya diberikan bagi para perantau yang benar benar memerlukan bantuan. Pemda DIY dan Pemda Kabupaten/Kota DIY kan bisa alihkan alokasi anggaran untuk kegiatan di Jakarta,

Polda DIY Gandeng Artis Kampanye Jangan Mudik

Previous article

Apple dan Google Bangun Pelacak Kontak Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja