Health

Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Menjadi 3.842 Orang

0
parasetamol bervirus
ilustrasi - Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus Corona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020). - ANTARA FOTO/Umarul Faruq

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah mencatat adanya penambahan kasus baru pasien positif virus Corona (Covid-19) di Indonesia, yakni sebesar 330 orang. Dengan begitu, total pasien terkonfirmasi Covid-19 menjadi 3.842 orang.

Pun, untuk jumlah pasien yang meninggal terjadi penambahan 21 kasus, sehingga kini total menjadi 327 orang yang harus menghembuskan nyawanya akibat wabah ini.

Di tengah penambahan jumlah pasien positif yang signifikan dan agak banyaknya yang meninggal, kabar tak begitu mengenakkan datang dari jumlah pasien yang sembuh. Jumlah tak begitu banyak jika dibandingkan kemarin.

Hanya ada empat pasien yang sembuh dalam 24 jam terakhir, Jumat (10/4) hingga pukul 12.00 sampai Sabtu (11/4) pada waktu yang sama.

“Ada empat orang yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 286 pasien yang telah sembuh,” ucap Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan data tersebut diperoleh hingga siang ini, Sabtu (11/4).

Penambahan ini membuktikan masih ada pasien positif di tengah masyarakat. “Oleh karena itu, cara yang paling efektif adalah dengan tetap di rumah. Cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Jaga jarak. Itu yang penting, kita tidak perlu menjadi relawan untuk membantu menekan Covid-19. Mari bersatu,” ucap pria yang biasa disapa Yuri tersebut.

Menurutnya, data terbaru itu dihimpun dari seluruh rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di seluruh Indonesia.

Penambahan kasus positif Covid-19 itu diperoleh dari hasil pemeriksaaan polymerase chain reaction (PCR).

“Maka, total pasien yang positif kini yang telah terkonfirmasi menjadi 3.842 kasus. Kasus baru ini artinya diperkirakan infeksinya di lima sampai enam hari yang lalu,” jelas Yuri, sapaan Yurianto, dalam acara konfrensi pers, Sabtu (11/4/2020).

Selain itu, ada penambahan kasus meninggal sebanyak 21 kasus. Dengan demikian, hingga saat ini sudah ada 327 orang yang meninggal akibat virus Corona di Indonesia.

Di sisi lain, ada 4 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan begitu, total ada 286 pasien yang telah sembuh.

Menurut Yuri, masih tingginya kasus positif ini menunjukkan bahwa masih adanya orang terpapar virus Corona di tengah masyarakat.

“Mari bersama-sama kita harus menyadari betul, bahwa proses penularan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat harus kita hentikan, harus kita akhiri dengan menjaga jarak, menggunakan masker, tidak perlu ke luar rumah jika tidak mendesak, kurangi risiko-risiko terpapar dengan tetap tinggal di rumah,” ujarnya.

Erupsi Gunung Anak Krakatau Terhitung Rendah dari 2018

Previous article

Wabah Demam Berdarah di Tengah Wabah Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health