Kota JogjaNews

Corona Monitoring System Pantau ODP dan PDP di DIY

0
Corona Monitoring System
Keterangan Pers Satgas Covid-19 (FOTO: BPBD)

STARJOGJA.COM. JOGJA – Corona Monitoring System Pantau ODP dan PDP di DIY. Pemerintah DIY siap gunakan aplikasi Corona Monitoring System (CMS) untuk pantau ODP dan PDP di wilayah ini.

Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 DIY, Biwara Yuswantana mengatakan, CMS adalah aplikasi pemantauan PDP dan ODP Corona di DIY. Aplikasi ini berfungsi untuk memantau perkembangan ODP dan PDP yang sedang melakukan self assessment atau karantina mandiri di rumah maupun di rumah sakit.

“Dengan CMS, PDP dan ODP yang sedang melaksanakan karantina mandiri di rumah dapat melaksanakan self assesment secara online sebagai pemantauan harian,” jelasnya saat memberikan keterangan pers di Rabu Sore ( 15/04).

Biwara mengatakan aplikasi CMS adalah jawaban Pemda DIY dalam rangka memerangi virus Corona. CMS bertujuan untuk mengumpulkan data perkembangan sebaran virus Corona di DIY secara terpusat sehingga memberikan gambaran yang jelas tentang perkembangan wabah Corona di DIY.

“Hasilnya akan dipantau langsung oleh petugas fasilitas kesehatan terkait. Dengan demikian, diharapkan dapat mengurangi risiko penyebaran COVID-19 pada saat proses pengobatan,” terangnya.

Selain itu, CMS juga digunakan sebagai laporan harian fasilitas kesehatan dan rumah sakit kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk diverifikasi dan diteruskan ke Dinas Kesehatan DIY. Sehingga proses rujukan ODP dan PDP antar Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) wajib dilakukan menggunakan CMS.

“CMS digunakan oleh seluruh fasilitas kesehatan di DIY yang dikoordinir oleh Dinas Kesehatan DIY dan Diskominfo DIY sebagai Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19. Jadi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten/Kota se-DIY sebagai koordinator CMS untuk masing-masing wilayah,” ujar Biwara.

Pemkot Siapkan Rp19 M Untuk Penanganan Covid-19

Previous article

Pembayaran Zakat Fitrah Jangan Mengundang Massa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja