News

Gusdurian Peduli Corona Bergerak di 60 Kota

0
Sadar Pitulungan
Bantuan Kemanusiaan (Gusdurian)

STARJOGJA.COM, Info – Sejak ditetapkannya Covid-19 sebagai pandemi oleh WHO (World Health Organization), berbagai krisis terus melanda dunia. GUSDURian Peduli dampak Corona yang mempunyai perhatian khusus terhadap kemanusian kemudian segera menggerakkan simpul-simpulnya.

Secara khusus GUSDURian peduli membuka pintu donasi untuk membantu warga yang paling rentan terdampak pandemi ini. Tujuannya adalah untuk membantu ekonomi warga kurang mampu dan para pekerja sektor informal yang menggantungkan penghasilannya dari gaji harian, seperti sopir angkot, tukang ojek online, pedagang keliling, pekerja pariwisata, dan sebagainya. Tim Kerja GUSDURian Peduli dipimpin langsung oleh Koordinator Nasional Jaringan GUSDURian, Alissa Wahid.

“Kerja-kerja GUSDURian peduli, juga berbagai inisiatif masyarakat lainnya, menunjukan bahwa rakyat selalu siap bergerak, bergotong royong, dan peduli satu sama lain.” kata Alissa Wahid.

Baca Juga : Shinta Nuriyah Menerima Gelar Honoris Causa UIN Suka

Dukungan luar biasa dari masyarakat datang bertubi-tubi. Bekerja sama dengan Gerakan Islam Cinta dan kitabisa.com, GUSDURian Peduli membangun gerakan #SalingJaga. Galang bantuan ini juga didukung penuh para tokoh sosial seperti Nadirsyah Hosen, Lukman Hakim Saifuddin, Ernest Prakasa, Gita Savitri, Sujiwo Tejo, Rara Sekar, Ligwina Hananto, Nirina Zubir, almarhum Glenn Fredly, dan lain-lain. Lebih dari 3 miliar rupiah telah terkumpul dari pintu ini.

Narasi TV yang menyelenggarakan konser musik #dirumahaja mempercayakan penyaluran dana yang didapatkannya kepada GUSDURian Peduli sebanyak Rp. 2.050.000.000. Selain itu donasi juga datang dari berbagai pihak.

Donasi tersebut kemudian dialokasikan untuk pembelian paket sembako, masker, sabun, dan sanitasi tangan (hand sanitizer) yang dibagikan kepada keluarga yang membutuhkan. Penyaluran bantuan akan dilakukan oleh tim relawan dari GUSDURian Peduli yang ada di berbagai wilayah. GUSDURian Peduli telah mendirikan 60 posko di 60 kota di Indonesia pusat informasi, penggalangan dana, dan penyaluran donasi. Sampai saat ini setidaknya sudah ada lebih dari 500 relawan yang tergabung dalam gerakan ini.

Sejak bulan Maret lalu, hasil dari galang dana gerakan #SalingJaga dan #KonserDiRumahAja dari Narasi TV telah disalurkan sebagian kepada warga yang membutuhkan. Penyaluran bantuan tersebut masih akan terus berlanjut sepanjang bulan April ini. Hingga pertengahan April ini sudah 4000 paket yang disalurkan melalui posko-posko Gusdurian Peduli. Beberapa kota yang telah menerima manfaat bantuan adalah DKI Jakarta, Tangerang, Depok, Karawang, Bekasi, Bogor, Lampung, Bandung, Cirebon, Semarang, Jogja, Solo, Surabaya, Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Makassar, Manado, Pontianak, Bali, dan Kabupaten Malang. Dalam hari-hari ke depan bantuan juga akan segera disalurkan di berbagai kota lainnya.

Dukungan luar biasa kepada GUSDURian Peduli ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia selalu punya kearifan untuk bersolidaritas, memperkuat diri secara swadaya, dan mampu untuk saling jaga.

“Hal ini mestinya menjadi inspirasi bagi pemerintah yang selama ini tampak gamang dan lamban dalam menghadapi pandemi ini” imbuh Alissa Wahid.

Jokowi Melantik Kadek Wiarsa Menjadi Komisioner KPU

Previous article

Masyarakat Kaliurang Sepakat Patuhi Physical Distancing

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News