Health

Australia dapat Melacak Virus Corona di Air limbah

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Para ilmuwan Australia menyelesaikan tahap awal di dalam mengembangkan sistem pengawasan Covid-19 dengan melacak virus corona pada air limbah.

Tim Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO) dan University of Queensland (UQ) sukses membuktikan keberadaan virus corona, yang menyebabkan Covid-19, di air limbah mentah.

Ini langkah awal dalam mengembangkan sistem yang mampu menelusuri keberadaan Covid-19 di kawasan geografis.

Baca Juga : Masa Inkubasi Virus Corona di Indonesia 5-6 Hari

“Harapan nantinya adalah kami mampu tidak hanya mendeteksi kawasan geografis tempat Covid-19 berada, tetapi perkiraan jumlah orang terinfeksi, tanpa tes dari perseorangan di satu lokasi. Ini akan memberi masyarakat perasaan yang lebih baik tentang seberapa benar kami mencegah pandemi ini,” kata Kepala Eksekutif CSIRO, Larry Marshall.

Menteri Kesehatan Greg Hunt berulang kali menyatakan bahwa pemerintah federal, negara bagian, dan wilayah tidak dapat berpuas diri pada respons mereka terhadap pandemi.

Baca Juga : China Bantah Virus Corona Diproduksi di Wuhan

“Eksperimen pengawasan air limbah Covid-19 sangat membesarkan harapan dan berpotensi memperkuat respons lebih lanjut Australia terhadap pandemi global,” ucapnya.

“Program nasional yang didasarkan pada penelitian ini dapat menambahkan rangkaian tindakan yang lebih luas, yang dapat digunakan pemerintah kami dalam mengidentifikasi dan membendung Covid-19.”

Hingga kini tercatat sekitar 6.400 kasus Covid-19 di Australia, menurut Departemen Kesehatan.

Sumber : Bisnis

Besok yang Lolos Kartu Prakerja Diumumkan

Previous article

Program Kehamilan Jaga ini saat Wabah Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health