Kota JogjaNews

Jangan Lewatkan, Malam Ini Kraton Rilis Film Dokumenter Sultan HB X

0
sultan ppkm
Sultan Sapa Aruh di Kepatihan (Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kraton Yogyakarta akan merilis film dokumenter yang mengungkap kisah hidup Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada malam ini Kamis (16/4). Informasi tentang penanyangan film ini dibagikan akun resmi @kratonjogja di Instagram pada Kamis (16/4) pagi.

Mengutip Harianjogja.com, Kamis (16/4), dalam video singkat unggahan tersebut disebutkan bahwa film ini akan membuat penontonnya mengenal lebih dekat Sultan HB X. Sebagai teaser, Sultan HB X di video itu mengingatkan masyarakat Jawa, khususnya Jogja, akan satu petuah.

“Kelangan bondo podo karo ora kelangan opo-opo. Kelangan nyowo podo karo kelangan separo [Kehilangan harta sama dengan tidak kehilangan apa-apa. Kehilangan nyawa sama dengan kehilangan separuh]. Kelangan harga diri atau martabat itu sama dengan kehilangan segalanya, sehingga jangan berkorban harga diri kita hanya untuk ditawar dengan sejumlah uang,” ucap pria 74 tahun yang lahir dengan nama Bendara Raden Mas Herjuno Darpito ini.

Menurut keterangan @kratonjogja, dalam film tersebut, suami dari Permaisuri Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas ini akan menceritakan masa kecilnya hingga dewasa. Selain itu, dibeberkan pula tugasnya sebagai Raja dan Gubernur DIY.

Tak hanya itu, film produksi Tepas Tandha Yekti Keraton Jogja ini juga dilengkapi dengan pendapat keluarga, staf, dan sahabat tentang keseharian Sultan HB X. Film dokumenter berjudul Danapratapa tersebut akan ditayangkan perdana di kanal YouTube Kraton Jogja malam ini, Kamis, 16 April 2020 pukul 19.00 WIB.

Sumber : Harianjogja.com

Arif Mujiono

Tantowi dan Praven Galang Dana Untuk Covid-19

Previous article

Waktu Aman Berolahraga di Luar Rumah saat Wabah Corona

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja