FeatureKota JogjaNews

Polda DIY Siap Bantu Pemakaman Korban Covid-19

0
Kasus corona Indonesia
FOTO : Polda DIY

STARJOGJA.COM, JOGJA – Polda DIY Siap Bantu Pemakaman Korban Covid-19. Mengikuti perkembangan saat ini pada penanganan terhadap korban covid-19, Polri akan berperan membantu pemakaman korban covid-19 yang telah meninggal dunia.

Hal ini disampaikan Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto disela pelatihan simulasi pemulasaran jenazah Covid-19 di halaman Mapolda DIY, Rabu (15/4/2020).

“Kita berharap korban dari wabah penyakit ini tidak bertambah, namun melihat tenaga kesehatan yang besar beban kerjanya (merawat hingga mengurus pemakaman), maka Polri akan turut membantu proses pemakaman,” jelasnya.

Kombes Pol Yuliyanto kembali menjelaskan anggota Polri yang terlibat dalam Operasi Aman Nusa II ini  termasuk pejabatnya mengikuti pelatihan simulasi.

“Simulasi dimulai dari penanganan korban diduga covid yg ditemukan bukan di rumah sakit, sehingga diperlukan olah TKP dengan menggunakan standar kesehatan. Personel yang melaksanakan olah TKP juga menggunakan APD lengkap. Tahap selanjutnya adalah proses pemakaman. Anggota Polri yang akan melaksanakan pemakaman juga dilengkapi dengan APD lengkap, cara mengangkat peti, menurunkan peti sampai dengan mengubur kembali liang lahat” tambahnya.

BACA JUGA : Pemerintah Punya Prosedur Pemakaman Pasien Corona

Simulasi kegiatan yang digelar oleh Polda DIY mengikuti prosedur dari Kemenkes serta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Polri harus siap, bila diperlukan untuk membantu saat menangani korban akibat wabah pendemik covid-19, dan jika memerlukan bantuan pemakaman korban covid-19 maka bisa menghubungi no wa 08981879886 atau menghubungi polres terdekat” tutupnya.

Emas Antam Dijual Rp939.000 Per Gram

Previous article

3 Jurnalis Hilang Setelah Melaporkan Corona di Wuhan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature