News

Staf Khusus Presiden Jokowi Dilaporkan Polisi

0
 Andi Taufan mundur
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama staf khusus yang baru dari kalangan milenial (kiri ke kanan) CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra, Perumus Gerakan Sabang Merauke Ayu Kartika Dewi, Pendiri Ruang Guru Adamas Belva Syah Devara, CEO dan Founder Creativepreneur Putri Indahsari Tanjung, Mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia/PMII Aminuddin Ma'ruf, Peraih beasiswa kuliah di Oxford Billy Gracia Yosaphat Mambrasar dan Pendiri Thisable Enterprise Angkie Yudistia ketika diperkenalkan di halaman tengah Istana Merdeka Jakarta, Kamis (21/11/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz

STARJOGJA.COM, Info – Dua advokat yaitu M. Sholeh dan Tomi Singgih akan melaporkan Staf Khusus Presiden Joko Widodo Andi Taufan Garuda Putra ke Badan Reserse Kriminal Polri dengan tuduhan korupsi.

Kedua advokat tersebut melaporkan Andi Taufan setelah beredarnya surat berkop Sekretariat Kabinet yang dikirimkan ke camat.

“Itu penyalahgunaan wewenang, dia tidak punya kapasitas mengirimkan surat ke instansi, stafsus itu hanya kasih masukan ke presiden,” kata Sholeh saat dihubungi, Kamis (16/4/2020).

Sholeh mengatakan dugaan penyalahgunaan wewenang makin kuat, karena isi surat itu berpotensi menguntungkan perusahaan PT Amartha Mikro Fintek, milik Andi Taufan.

Dalam suratnya, Andi meminta dukungan camat seluruh Indonesia untuk mendukung relawan PT Amartha menanggulangi Covid-19. Taufan sendiri merupakan CEO PT Amartha.

Menurut Sholeh, perbuatan Andi melanggar Pasal 2 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

“Sekarang tinggal (pembuktian) ada kerugian negara atau tidak, kalaupun tidak merugikan, ada percobaan tindak pidana korupsi di sana,” ujarnya.

Baca Juga : Boyolali Jadi Kabupaten Anti Korupsi Terbaik di Indonesia

Selain pasal Korupsi, Sholeh juga akan melaporkan Andi dengan tudingan melanggar Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang pencurian. Pasalnya, dia mengatakan Andi tak punya hak memakai kop Sekretariat Kabinet dalam suratnya.

“Staf khusus itu pembantunya presiden, apa hubungannya dengan Sekretariat Kabinet?” ujarnya.

Sumber : Bisnis

Di Bali, Jus Cacing Diburu saat Wabah Corona

Previous article

Jamin Keamanan, Google Hadirkan Fitur Disetujui Guru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News