Kab Kulonprogo

Kesadaran Pencegahan Corona Rendah, Dinsos Sosialisasi

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Dinsos PPPA Kulonprogo terus ingatkan masyarakat tentang kesadaran virus Corona dengan Sosialisasi keliling menggunakan Mobil Perlindungan (Molin), di berbagai tempat kerumunan. Kepala Bidang Perlindungan dan Perempuan Anak, Dinsos PPPA Kulonprogo, Woro Kandini mengatakan kegiatan ini dilakukan karena kesadaran masyarakat terhadap upaya pencegahan penularan Corona Covid-19 masih rendah.

Menurut pengamatan Woro kesadaran yang rendah tentang corona dari banyaknya warga seperti di pasar yang melakukan transaksi tanpa menggunakan masker.

“Oleh karena itu kami putuskan untuk melakukan sosialisasi keliling ini, menyasar pasar dan tempat-tempat yang ramai saat melintas,” ujarnya.

Baca Juga : Wuhan Bisa Bebas Virus Corona karena Melakukan ini

Satu unit Molin akan keliling memberikan sosial tentang Protokol Tetap (Protap) kesehatan pencegahan Covid-19. Setiap hari Senin sampai Jumat, Molin akan menyisir pusat-pusat keramaian khususnya pasar. Menggunakan pengeras suara, personil Dinsos PPPA akan menyampaikan berbagai imbauan seperti physical distancing, pakai masker, dan sebagainya.

Acap kali tiga personil Dinsos PPPA Kulonprogo terjun langsung blusukan ke pasar mengingatkan pedagang maupun pembeli yang belum melaksanakan Protap kesehatan. Woro mengadakan tindakan abai yang sering ditemukan dalam sosialisasi tersebut yakni pedagang maupun pembeli tak menggunakan masker.

Padahal bila merusak pemerintah pusat, setiap orang yang berkegiatan diharapkan menggunakan masker. “Ada juga yang pakai masker kain tapi cuma dikalungkan, tidak ditutupkan ke mulut, itu kami ingatkan,” ujarnya.

Woro berharap dengan adanya sosialisasi keliling ini dapat membuka pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penularan Covid-19. “Dinsos PPPA Kulonprogo akan kami terus lakukan mulai 13-24 April 2020 dan bila perlu diteruskan bisa diperpanjang,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kulonprogo, Iffah Mufidati mengapresiasi sinergi berbagai elemen dalam rangka bersama mencegah penyebaran Covid-19.

Meski pasar merupakan salah satu kewenangan dari Disperindag Kulonprogo menurutnya dalam kondisi darurat ini beberapa protokol birokrasi dapat dipangkas. “Selama itu tindakan positif untuk menanggulangi Covid-19 kami dukung,” ucapnya.

Sumber : Harianjogja

Menkeu Berhitung Dampak Ekonomi karena Corona

Previous article

Yes, Obat Baru Pasien Virus Corona Ditemukan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *