Kota JogjaNews

DIY Belum Akan Ajukan Penerapan PSBB

0
level ppkm diy
Kadarmanta Baskara Aji Sekda DIY (Arif M)

STARJOGJA.COM, JOGJA – DIY Belum Akan Ajukan Penerapan PSBB. Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Empat pemerintah kabupaten dan satu pemerintah kota di Daerah Istimewa Yogyakarta hingga saat ini merasa belum perlu mengusulkan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam menghadapi pandemi COVID-19.

“Sampai hari ini setelah dilakukan pertemuan beberapa waktu yang lalu, lima kabupaten/kota menyatakan belum waktunya PSBB. Sampai hari ini belum ada lagi usulan dari kabupaten/kota untuk PSBB,” kata Baskara Aji di Gedhong Pracimasana.

Menurut Aji, hingga saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di tingkat nasional juga belum merekomendasikan, baik Kabupaten Bantul, Sleman, Gunungkidul, Kulon Progo, maupun Kota Yogyakarta untuk mengajukan PSBB.

Seandainya nantinya muncul rekomendasi, dia berharap gugus tugas di tingkat nasional dapat menginformasikan kepada pemerintah provinsi.

“Kalau kabupaten memang direkomendasikan gugus nasional silakan saja, nanti ngabari kami, nanti kami rapat bersama dengan kabupaten/kota dan provinsi karena pengusulannya ‘kan tetap harus lewat provinsi,” kata Baskara,dikutip dari antara.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X,Rabu lalu, menyatakan wilayahnya belum perlu mengajukan permohonan PSBB karena sejumlah syarat yang ditetapkan dinilai belum terpenuhi.

“Belum waktunya kami menyampaikan PSBB. Akan tetapi, saya tetap mempersiapkan nanti kalau ada lonjakan pemudik saja, belum waktunya,” kata Sultan.

Menurut Sultan, ada sejumlah syarat yang harus terpenuhi untuk dapat mengajukan PSBB, di antaranya mencakup aspek epidemiologi sebaran serta adanya transmisi lokal COVID-19.

“Kami belum memenuhi syarat, jadi belum perlu,” kata Raja Keraton Yogyakarta ini.

Pasien Jujur Selamatkan Diri dan Tenaga Medis

Previous article

Pergerakan Manusia Dipantau Community Mobile Report

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja