Flash InfoTechno

Pergerakan Manusia Dipantau Community Mobile Report

0
google iklan

STARJOGJA.COM. TEKNO – Pergerakan Manusia Dipantau Via Community Mobile Report . Google merilis Community Mobility Reports yang melaporkan tren pergerakan manusia di Indonesia di tengah pandemi virus corona jenis baru (Covid-19).

“Google menyiapkan Community Mobile Report untuk membantu Anda dan pejabat kesehatan masyarakat memahami dan merespons panduan jaga jarak, social distancing, yang berkaitan dengan Covid-19,” kata pihak Google dalam keterangan persnya,Jumat (17/04).

Community Mobility Reports dari Google berisi tren pergerakan dari waktu-waktu berdasarkan kategori, misalnya pertokoan, tempat rekreasi, stasiun, hingga perumahan.

Laporan tersebut mencakup seluruh provinsi di Indonesia. Namun, masih ada beberapa lokasi yang datanya tidak tersedia Google untuk Community Mobility Reports.

Tren tersebut menunjukkan berapa banyak kunjungan dan berapa lama kunjungan ke tempat-tempat tertentu. Google menggunakan cara yang sama, berupa data agregasi dan anonim, yang digunakan di Google Maps.

Perubahan setiap hari akan dibandingkan dengan waktu awal atau baseline pada hari tersebut. Baseline merupakan waktu median dalam periode 3 Januari sampai 6 Februari 2020.

“Data terbaru mewakili situasi dua hingga tiga hari ke belakang,” ungkap Google.

Kemudian untuk mendapatkan data mobilitas penduduk, Google melakukan pengambilan data dari pengguna yang memilih untuk mengaktifkan histori lokasi di akun Google mereka.

Data yang ditampilkan mewakili sampel dari pengguna Google yang menyalakan histori lokasi, bukan populasi Indonesia secara keseluruhan.

Google menjamin kerahasiaan data pengguna meskipun menyalakan histori lokasi, dan memastikan data yang digunakan untuk Community Mobility Reports tidak memuat informasi pribadi yang dapat diidentifikasi.

Pasalnya, untuk keperluan laporan tersebut, Google tidak mengambil data pengguna berupa lokasi, kontak atau pergerakan.

Data yang masuk ke Google berupa data agregasi dan anonim, diikuti dengan metode differential privacy, yang menambah kebisingan buatan terhadap set data sehingga tidak ada informasi individu yang diperoleh.

DIY Belum Akan Ajukan Penerapan PSBB

Previous article

Pendiri Instagram Membangun Situs Pelacak Penyebaran Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info