Culinary

Merasa Stres, Redakan dengan Minuman Bahan Alami

0
Minuman bahan alami
minuman jadul di kepik sawah Sleman

STARJOGJA.COM, Info – Apakah akhir-akhir ini Anda merasakan stres karena kondisi pandemi  Covid-19 atau karena tidak bisa melakukan hal yang Anda suka karena imbauan untuk tetap di rumah dan menjaga jarak? Anda bisa meredakan itu dengan minuman bahan alami yang tentu biasanya tersedia di rumah yakni dengan membuat wedang rempah.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. Inggrid Tania mengatakan bahwa wedang cocok diminum ketika mengalami kondisi stres fisik dan psikologis.

Baca Juga : Minuman Teh dalam Kemasan Rajai Pasar

“Kandungan kayu manis dan jahe bersifat meningkatkan mood, kandungan cengkeh membantu mengurangi depresi, sementara sereh yang bersifat menenangkan bermanfaat mengurangi kecemasan. Sehingga keseluruhan bahan-bahan ini bermanfaat untuk menstabilkan mood, emosi dan sistem saraf secara keseluruhan,” ujarnya, Sabtu (18/4/2020).

Wedang Rempah

Bahan yang diperlukan:

2 batang kayu manis

2 batang sereh

3 ibu jari (100 gr) rimpang jahe

10 kuntum cengkeh

1 liter air

Cara Memasak:

Pertama, cuci semua bahan lalu tiriskan

Kedua, iris jahe dan sereh lalu sisihkan

Ketiga, rebus air lalu setelah mendidih masukkan semua bahan

Keempat, angkat dan saring

Kelima, boleh tambahkan gula merah atau gula aren bubuk secukupnya atau madu 1-2 sendok makan per gelas wedang lalu aduk

Keenam, boleh ditambahkan perasan jeruk nipis secukupnya lalu siap disantap

Namun, perlu diperhatikan dalam hal memasak wedang rempah ini sebaiknya jangan gunakan panci berbahan alumunium, kuningan, besi atau baja untuk merebus jamu.

Sebaiknya gunakan panci kaca, keramik atau stainless steel. Selain itu, untuk ibu hamil diharapkan berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi wedang rempah tersebut.

Sumber : Bisnis

Cara Mengolah Makanan Beku dan Kaleng

Previous article

17 Ribu Perempuan Jateng akan Buat Masker Kain

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary