Kab SlemanNews

Peneliti UGM Buat Alat Deteksi Virus Dengue

0
Kasus DBD di Kulonprogo
Nyamuk DBD
STARJOGJA.COM, SLEMAN – Peneliti UGM Buat Alat Deteksi Virus Dengue. Upaya ini dilakukan mengingat Di tengah pandemi Covid-19, Indonesia kini juga dihadapkan pada wabah penyakit demam berdarah dengue (DBD).
Diketahui Data Kementerian Kesehatan menunjukkan sejak 1 Januari sampai 4 April 2020 ada 39.876 kasus DBD dan 254 kematian.
“DBD masih menjadi ancaman serius yang terus mengintai masyarakat Indonesia. Setiap tahunnya selalu muncul kasus penyakit yang ditularkan nyamuk Aedes aegypti ini,” kata Dr. drh. Asmarani Kusumawati, MP., saat dihubungi, Minggu (19/4).
Pada umumnya virus dengue penyebab demam berdarah menyebar cukup pesat disaat musim penghujan. Di latarbelakangi kondisi tersebut, dia melakukan penelitian dan berhasil mengembangkan alat deteksi, khususnya stereotipe DENV-3 dan DENV-4.
Alat yang dikembangkan sejak tahun 2015 hingga 2017 ini telah dipatenkan. Terdiri dari sepasang primer yakni primer forward dan primer reverse.
“Primer ini terdiri dari basa nitrogen, guanin, sitosin, timin, serta adenin,”jelas dosen Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) ini.
Masing-masing primer untuk serotipe DENV-3 dan DENV-4 baik primer forward dan primer reserve  memiliki panjang sekuen urutan basa yang berbeda. Sementara, primer deteksi virus dengue  serotipe DENV-3 menghasilkan produk hasil amplifikasi berukuran 196 bp. Sedangkan primer deteksi virus dengue serotipe DENV-4 menghasilkan produk hasil amplifikasi berukuran 144 bp.
Asmarani mengatakan primer untuk deteksi virus dengue serotipe DENV-3 dan primer untuk deteksi virus Dengue serotipe DENV-4 sekaligus digunakan secara baik dengan metode Reverse Transcriptase – Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), Lateral Flow Immunoassay (LFIA), dan Nucleic Acid Sequence Based-Amplification (NASBA).
Dia menyebutkan alat ini telah diuji efektivitasnya dalam melakukan deteksi. Hasilnya, primer dapat membaca atau mendeteksi keberadaan virus dengue dalam waktu kurang dari 1 hari.
“Alat ini bisa mendeteksi sejak awal ketika terdapat virus dengue, efektivitasnya 100% dan hasilnya bisa terlihat paling lama 24 jam,” terangnya.
Asmarani berharap hasil penelitiannya ini tidak hanya bisa membantu mendeteksi keberadaan virus dengue. Namun, alat ini diharapkan mampu  membantu  upaya pengendalian penyebaran virus dengue sehingga bisa menekan kasus DBD di tanah air.
“Virus dengue serotipe DENV-3 sampai saat ini dominan terdapat di Indonesia. Dengan  adanya primer ini diharapkan dapat mendeteksi keberadaan viris dengue serotipe DENV-3 dan 4 secara dini sehingga bisa membantu penanganan pasien DBD dengan baik,”tuturnya.

JCM Dukung Tenaga Medis di Pandemi Covid-19

Previous article

RS Darurat Covid-19 Terus Ditambah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman