Nusantara

5 Jemaah Tabligh Warga Klaten Positif Corona

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Lima warga Klaten yang sebelumnya tercatat sebagai kluster Jemaah Tabligh di Gowa Sulawesi Selatan dinyatakan positif tertular Virus Corona atau Covid -19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Cahyono Widodo menjelaskan dengan penambahan ini secara kumulatif kasus positif Covid-19 di Klaten menjadi tujuh orang, dimana dua orang di antaranya telah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

“Kasus penambahan ada lima orang yang telah terkonfirmasi positif Covid-19. Kelima orang tersebut termasuk dalam kluster Jemaah Tabligh di Gowa, Sulawesi Selatan.” kata Cahyono Widodo dalam keterangan resminya dii laman resmi Pemprov Jateng, Senin (20/4/2020).

Baca Juga : DMI Imbau Salat Jumat dan Tarawih di Rumah

Cahyono menambahkan dari lima orang pasien positif Covid-19 tersebut, dua orang di antaranya berasal dari Kecamatan Juwiring dan tiga orang berasal dari Kecamatan Wonosari. Saat ini, dua orang tengah menjalani perawatan di RSST Soeradji Tirtonegoro Klaten dan tiga orang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

Adapun penambahan 5 kasus ini termasuk kategori imported cases karena pasien tertular pada saat melakukan perjalanan ke Gowa, Sulawesi Selatan pada tanggal 18-23 Maret 2020 .

Sebagai tindak lanjut penemuan kasus tersebut, Satgas telah melakukan tracing atau pelacakan kepada orang-orang yang pernah kontak dengan pasien dan akan segera dilakukan rapid test.

Pihaknya mengimbau untuk Gugus Tugas RT/RW lebih memperketat dalam memantau warganya yang baru saja pulang dari luar wilayah Klaten, dan untuk warga yang baru saja pulang dari luar wilayah, segera untuk melaporkan kepada Gugus Tugas RT/RW dan mengisolasi dirinya selama 14 hari di rumah masing-masing.

“Apabila mengalami gejala-gejala atau sakit segera periksa di Puskesmas terdekat,” kata Cahyono.

Cahyono juga meminta masyarakat untuk tidak panik dengan penambahan kasus positif Covid-19 tersebut. Harus tetap disiplin untuk melakukan protokol kesehatan, mulai dari menerapkan pola hidup bersih dan sehat, berjemur antara pukul 9 hingga 10 pagi selama 15 menit untuk meningkatkan imunitas, serta memakai masker ketika keluar rumah.

Sumber : Bisnis

Yunus Nusi Gantikan Ratu Tisha di PSSI

Previous article

Kelompok ini yang Potensi Penyebar Maut

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Nusantara