Health

Membandingkan Data Negara Terkena Virus Corona

0
trump belajar
Presiden AS Donald Trump menandatangani RUU stimulus bantuan ekonomi terkait virus corona $2,2 triliun pada hari Jumat (27/3).

STARJOGJA.COM, Info – Sebagian besar semua negara sudah terkena virus Corona. Negara yang terkena Corona seperti Amerika Serikat, memiliki lebih banyak kematian Covid-19 dibandingkan negara lain mana pun, hingga 20 April, dengan total lebih dari 40.000 kematian. Namun, AS memiliki populasi 330 juta orang.

Jika mengambil lima negara terbesar di Eropa Barat seperti Inggris, Jerman, Prancis, Italia dan Spanyol – populasi gabungan mereka sekitar 320 juta. Jumlah total kematian akibat virus corona yang terdaftar dari lima negara itu, pada 20 April, adalah lebih dari 85.000 – lebih dari dua kali lipat dari AS.

Seperti dikutip dari BBC News, Rowland Kao, profesor ilmu data di Universitas Edinburgh mengatak ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan apabila ingin membandingkan data antarnegara.

Baca Juga : Di Amerika dalam 24 Jam Tercatat 29 Ribu Kasus Corona

“Apakah data yang mendasarinya memiliki arti yang sama? Dan apakah masuk akal untuk membandingkan dua set angka jika epidemiologi [semua faktor lain di sekitar penyebaran penyakit] berbeda?” jelasnya, seperti dikutip Selasa (21/4/2020)

Berikut sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika membandingkan data tersebut:

Menghitung Kematian

Rowland Kao menilai ada perbedaan dalam cara negara mencatat kematian Covid-19. Prancis, misalnya, memasukkan kematian pasien yang menjalani rawat jalan di rumah dalam jumlah kasus harian, tetapi angka di Inggris hanya mencakup kematian di rumah sakit. Juga tidak ada standar internasional yang diterima untuk bagaimana Anda mengukur kematian atau penyebabnya.

Apakah seseorang perlu diuji untuk virus corona untuk menghitung statistik, atau apakah kecurigaan seorang dokter cukup? Apakah virus perlu menjadi penyebab utama kematian, atau apakah ada yang menyebutkan jumlah sertifikat kematian? Apakah Anda benar-benar membandingkan dengan suka-suka?

Ada banyak fokus pada angka kematian, tetapi ada berbagai cara untuk mengukurnya juga. Salah satunya adalah rasio kematian dengan kasus yang dikonfirmasi. Dari semua orang yang dinyatakan positif virus corona, berapa banyak yang akan mati?

Tetapi berbagai negara menguji dengan cara yang sangat berbeda. Inggris terutama telah menguji orang-orang yang cukup sakit untuk dirawat di rumah sakit. Itu bisa membuat angka kematian tampak jauh lebih tinggi daripada di negara yang memiliki program pengujian yang lebih luas.

Semakin banyak pengujian yang dilakukan suatu negara, semakin banyak orang yang terinfeksi virus dengan gejala ringan saja, atau mungkin tanpa gejala sama sekali. Jadi, angka kematian dalam kasus yang dikonfirmasi tidak sama dengan angka kematian keseluruhan.

Pengukuran lain adalah berapa banyak kematian telah terjadi dibandingkan dengan ukuran populasi suatu negara. “Jumlah kematian per juta orang, misalnya.”

Namun, jelasnya, Rowland Kao, itu ditentukan sebagian oleh tahap wabah yang telah dicapai oleh masing-masing negara. Jika kasus pertama suatu negara adalah awal dari wabah global, maka jumlah kematiannya akan bertambah.

Pemerintah Inggris membandingkan bagaimana masing-masing negara telah melakukan sejak mencatat kematiannya yang ke-50, tetapi bahkan itu menimbulkan beberapa masalah.

Faktor Politik

Rowland Kao mengatakan lebih sulit untuk memiliki kepercayaan pada data yang berasal dari negara-negara dengan sistem politik yang dikontrol ketat. Apakah jumlah kematian yang dicatat sejauh ini di negara-negara seperti China atau Iran akurat? Tidak ada yang benar-benar tahu.

Dihitung sebagai jumlah kematian per juta penduduknya, angka China sangat rendah, bahkan setelah direvisi naik jumlah korban jiwa di Wuhan sebesar 50 persen.

Faktor Populasi

Rowland Kao menjelaskan ada perbedaan nyata dalam populasi di berbagai negara. “Demografi sangat penting, itu hal-hal seperti usia rata-rata, atau tempat tinggal orang,” jelasnya.

Perbandingan telah dibuat antara Inggris dan Republik Irlandia. Irlandia memiliki kepadatan populasi yang jauh lebih rendah, dan persentase yang lebih besar dari orang yang tinggal di daerah pedesaan.

Lebih masuk akal untuk membandingkan Dublin City dan County dengan wilayah perkotaan di Inggris dengan ukuran yang sama (seperti Merseyside) daripada mencoba membandingkan kedua negara secara keseluruhan.

Perbandingan angka kematian antara negara-negara di Eropa dan Afrika belum tentu berhasil, karena negara-negara di Afrika cenderung memiliki populasi yang jauh lebih muda.

Lockdown Malaysia

Suasana jalan yang kosong di Bukit Bintang di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (18/3/2020). Sejumlah jalan raya di Malaysia menjadi sepi setelah pemerintah mengumumkan lockdown nasional selama dua minggu. Bloomberg/Samsul Said

Faktor Layanan Kesehatan

Di sisi lain, sambung, Rowland Kao, sebagian besar negara Eropa memiliki sistem kesehatan yang didanai lebih baik daripada di sebagian besar negara Afrika. Hal itu juga akan berdampak pada seberapa parahnya suatu negara terkena Covid-19, sebagaimana faktor-faktor seperti seberapa mudah berbagai budaya menyesuaikan diri dengan jarak sosial

“Apakah orang secara aktif mencari perawatan, seberapa mudahnya pergi ke rumah sakit, apakah Anda harus membayar untuk dirawat dengan baik? Semua hal ini berbeda dari satu tempat ke tempat lain,” kata Prof Andy Tatem, dari University of Southampton.

Faktor besar lainnya adalah tingkat komorbiditas. Ini berarti jumlah kondisi lain, seperti diabetes, penyakit jantung atau tekanan darah tinggi yang mungkin sudah dimiliki orang ketika mereka terinfeksi.

Pengujian

Negara-negara yang melakukan banyak pengujian di awal pandemi, dan menindaklanjutinya dengan melacak kontak siapa pun yang terinfeksi, tampaknya paling berhasil memperlambat penyebaran penyakit sejauh ini.

Baik Jerman dan Korea Selatan memiliki kematian jauh lebih sedikit daripada negara-negara yang paling parah terkena dampak.

Jumlah tes per kepala populasi mungkin merupakan statistik yang berguna untuk memprediksi tingkat kematian yang lebih rendah. Namun, tidak semua data pengujian sama, beberapa negara mencatat jumlah orang yang diuji, sementara yang lain mencatat jumlah total tes yang dilakukan.

Waktu pengujian, dan apakah tes dilakukan sebagian besar di rumah sakit atau di masyarakat, juga perlu diperhitungkan.Jerman dan Korea Selatan diuji secara agresif sejak dini.

Apa yang bisa dipelajari Inggris dari Jerman pada pengujian?

Namun, Italia, yang juga telah melakukan banyak tes, menderita jumlah kematian yang relatif tinggi. Italia hanya secara substansial meningkatkan kapasitasnya untuk pengujian setelah pandemi telah terjadi. Inggris melakukan hal yang sama.

“Yang ingin Anda ketahui adalah mengapa satu negara mungkin melakukan lebih baik daripada yang lain, dan apa yang dapat Anda pelajari darinya,” kata Profesor Jason Oke dari University of Oxford.

Sampai wabah ini selesai, tidak mungkin untuk mengetahui dengan pasti negara mana yang telah menangani virus dengan lebih baik. “Saat itulah kita benar-benar bisa belajar pelajaran untuk waktu berikutnya,” kata Prof Oke.

 

Sumber : BBC

Belajar dari Korea Selatan Soal Pemilu di Tengah Corona

Previous article

 Adamas Belva Staf Jokowi Mengundurkan Diri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health