Kota JogjaNews

Ini Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini

0
Sesar Opak
Logo BMKG

STARJOGJA.COM. JOGJA – Cuaca DIY Hari Ini diperkirakan cerah. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta memperkirakan seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tidak akan turun hujan.

Lima wilayah yang ada yakni Jogja, Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Gunungkidul diperkirakan akan mengalami cuaca yang sama persis.

Rincian Cuaca DIY hari ini, pada siang hari diperkirakan berawan, malam hari cerah berawan dan dini hari cerah berawan. Cuaca ini merata di seluruh wilayah tersebut.

Suhu udara diperkirakan berkisar 24 hingga 32 derajat celcius dengan kelembaban 55 hingga 90%.

BMKG memberikan peringatan dini potensi terjadinya gelombang tinggi di perairan selatan DIY yang mencapai 2,5 hingga 4 meter. Angin bertiup dari timur ke barat.

Terkait cuaca terik yang dirasakan masyarakat, BMKG menjelaskan bahwa suasana terik umumnya disebabkan oleh suhu udara yang tinggi dan disertai oleh kelembapan udara yang rendah, terutama terjadi pada kondisi langit cerah dan kurangnya awan, sehingga pancaran sinar matahari langsung lebih banyak diteruskan ke permukaan bumi.

Berkurangnya tutupan awan terutama di wilayah Indonesia bagian selatan pada bulan-bulan ini disebabkan wilayah ini tengah berada pada masa transisi dari musim hujan menuju musim kemarau sebagaimana diprediksikan BMKG sebelumnya, seiring dengan pergerakan semu matahari dari posisi di atas khatulistiwa menuju Belahan Bumi Utara. Transisi musim itu ditandai oleh mulai berhembusnya angin timuran dari Benua Australia (monsun Australia) terutama di wilayah bagian selatan Indonesia. Angin monsun Australia ini bersifat kering kurang membawa uap air, sehingga menghambat pertumbuhan awan.

Kombinasi antara kurangnya tutupan awan serta suhu udara yang tinggi dan cenderung berkurang kelembapannya inilah yang menyebabkan suasana terik yang dirasakan masyarakat.

Tips Puasa Ramadan di Tengah Wabah Corona

Previous article

AP I Tutup 15 Bandara untuk Penerbangan Penumpang

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja