Jelang Puasa Warga Yogya Gelar Padusan Unik Usir Corona

0
Padusan Unik Usir Corona
Padusan Unik Usir Corona

STARJOGJA.COM, Info – Bersinergi dengan program pemerintah terhadap penanggulangan wabah virus corona (covid-19) juga membantu masyarakat yang tidak mampu, maka, kami warga Perumahan Alam Asri Giwangan Jogjakarta menggelar ritual Baksos dan Padusan Unik Usir Corona kemarin , Kamis 24 April 2020. Ketua Panitia RM. Ryan Budi Nuryanto mengatakan ritual ini dilakukan dalam rangka sambut datangnya bulan suci Ramadhan yang dikemas secara sederhana dengan tetap mengedepankan protokol anjuran Pemerintah.

“Ajang ini untuk mengkampayekan ayo kita patuhi pemerintah dan bersama – sama kita usir covid-19 ini dari muka bumi dan sekaligus melestarikan tradisi masyarakat Jawa Padusan yang digelar sehari sebelum menjalankan ibadah puasa yang sarat makna yaitu untuk simbol membersihkan diri baik jiwa maupun raga,” katanya.

Ryan mengatakan sebelum acara dimulai oleh petugas dilakukan pengukuran suhu badan, pemakaian masker dan headsanitizer dan berjarak satu meter tiap peserta sekaligus dijelaskan cara mencuci tangan yang benar sebagai salah satu langkah pencegahan virus Covid-19. Dilanjutkan dengan bakti sosial pembagian sembako untuk masyarakat kurang mampu diseputaran Perumahan Alam Asri Giwangan Jogjakarta oleh Jeremy Santoso dan Giri Sasongko sebagai pengurus dan satgas covid-19 perumahan.

Baca juga : Ribuan Orang Padusan di Parangtritis

” Acara ini unik karena selain dengan SOP pencegahan wabah corona (covid-19) juga melibatkan tokoh Super Hero yaitu : Gatutkaca, Transformers dan Iron Man, kenapa mereka terlibat karena Covid-19 ini musuh dunia dan tidak terlihat makanya kita gunakan Super Hero ini sebagai lambang perlawanan bersama dengan segala kekuatan yang dimiliki baik berupa saint, teknologi maupun tradisional dengan harapan covid-19 ini hilang dari muka bumi,” katanya.

Pencegahan peredaran virus covid-19 maka Padusan Unik kali ini dibagi menjadi tiga tahap dengan mandi antri satu persatu dan berjarak. Tidak diperkenankan mandi bareng atau bersama-sama dan harus antri satu-satu hingga tahap ketiga.
“Tahap pertama yaitu, Super Hero ini dengan semprotan air menembak para peserta padusan yang terdiri dari : anak-anak, ibu dan bapak juga mewajibkan memakai masker dan rambut dikeramasi dengan sampo untuk salah satu pencegahan covid-19 ini,” katanya.

Tahap kedua untuk menghilangkan rasa penat dan relaksasi warga perumahan yang kurang lebih ada 18 kepala keluarga diajak bermain di kolam plastik buatan secara bergantian dengan air yang sudah seteril. Dan tahap ketiga (terakhir) mereka diantar oleh Gatutkaca dan Super Hero mengantri untuk dibilas dengan shower air yang sehat dan bebas virus terstandar yang disediakan Panitia dan acara ini hanya diperuntukan untuk warga perumahan juga sudah rutin dilakukan penyemprotan disinfektan satu minggu dua kali.

“Diharapkan dengan Padusan Unik Usir Corona ini meningkatkan semangat untuk survival daya juang melawan pademi Covid-19 dan mendukung anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dengan beribadah dan beraktifitas dilingkungannya sendiri, sekaligus melakukan restorasi sosial menjadikan budaya sebagai perekat bangsa dan mengedukasi masyarakat melalui GERMAS sebagai langkah pencegahan virus Covid-19,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here