Culinary

Menu Makanan dan Minuman Pilihan saat Sahur

0
menu sahur
ilustrasi ayam dan milkshakes (istimewa)

STARJOGJA.COM, Info – Tahun ini umat islam menjalani puasa di tengah wabah Virus Corona. Bahkan saat ini banyak juga yang tengah menjalani karantina mandiri dan tetap menjalankan puasa dengan status orang dalam pemantauan (ODP). Sehingga perlu menu makanan dan minumanyang pas untuk dijadikan menu sahur atau berbuka puasa.

Seperti diketahui, ada dua periode makan dalam ibadah puasa, yakni sahur dan berbuka. Setiap orang yang berpuasa, wajib memastikan asupan gizi dalam dua periode makan tersebut, karena jangan sampai puasa justru menjadi zalim terhadap diri sendiri.

Bagi orang-orang yang dalam masa karantina, asupan gizi pada waktu sahur menjadi tantangan tersendiri. Mengutip situs Boldsky.com, berikut makanan dan minuman bernutrisi yang dapat menjadi alternatif bagi orang-orang dalam masa karantina:

Oatmeal

Oatmeal adalah sumber karbohidrat dan protein yang seharusnya dapat memberikan cukup nutrisi bagi orang yang berpuasa. Pisang, ceri, dan buah-buahan kering dapat menjadi opsi tambahan untuk memperkaya rasa dan gizi semangkuk oatmeal.

2. Telur

Telur mengandung banyak vitamin dan protein yang diperlukan tubuh. Pun telur dapat diolah dengan banyak cara, mulai dari dadar, mata sapi, rebus, hingga orak-arik.

Telur juga merupakan makanan yang mudah dikombinasikan dengan yang lain, seperti nasi, roti, sayur, maupun sumber karbohidrat lainnya. Dan satu kelebihan telur lainnya adalah mudah didapatkan di mana saja.

Baca juga : Buka Puasa dan Sahur Bersama Ditiadakan

Salad

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral, dan nutrisi penting lain. Mengonsumsi sayur dan buah tentu menjadi bekal untuk tubuh menjalani puasa selama lebih dari 12 jam.

Oleh karena itu kombinasi sayur dan buah menjadi sepiring salad menjadi opsi yang sangat menyehatkan di waktu sahur. Kami bisa menyiapkan salad buah yang terdiri dari pisang, apel, alpukat, kiwi, dan lain-lain. Sementara itu salad sayur dengan kombinasi metimum, tomat, wortel, lobak, dan lainnya juga tidak kalah menarik.

Smoothies

Smoothies merupakan minuman berbahan baku buah-buahan, sayuran, sirup gula/ gula pasir, susu tawar cair dan es batu. Selain penambahan susu sebagai ciri khas smoothie, yoghurt, cokelat dan susu kental manis juga seringkali ditambahkan ke dalam smoothie. Rasa manis pada minuman ini dapat membantu kamu yang kurang suka sayur dan buah-buahan.

Ada beberapa resep smoothies enak yang dapat dengan mudah kamu temukan di internet. Satu yang cukup populer adalah smoothies pisang yang dapat dengan kombinasi pisang, susu, yoghurt, madu dan vanila.

Muffin

Tenang, tidak melulu makanan bernutrisi berurusan dengan sayuran dan buah-buahan. Muffin ternyata merupakan satu makanan yang cukup menyehatkan dan dapat membantu kamu tetap kenyang sepanjang hari. Seperti smoothies, ada banyak resep muffin sederhana bisa dicari melalui internet.

Sandwich

Terlambat bangun sahur bukan alasan kehilangan kesempatan mempersiapkan nutrisi selama puasa. Siapkan kentang rebus, tumbuk dan tumis dengan bawang, cabai, bawang putih, beberapa rempah-rempah dan garam. Siapkan juga irisan keju, mentimun, tomat, dan bawang untuk memperkaya rasa.

Selipkan semua itu di antara dua potong roti. Bila dirasa kurang, tambahkan telur dadar untuk menyempurnakan rasa.

Ubi dan Taoge

Jangan meremehkan ubi dan taoge. Keduanya adalah makanan kaya protein dan nutrisi. Ubi dan taoge adalah makanan yang mudah untuk diolah dan cocok untuk menemani sahur.

Rebus kedua makanan tersebut. Taoge dapat anda nikmati dengan garam, bawang, cabai, atau madu. Sementara itu ubi dapat dikonsumsi dengan cara merebusnya terlebih dahulu atau masak mengggunakan microwave. Jangan lupa menusuk ubi beberapa kali dengan garpu sebelum menaruhnya di dalam microwave.

Milkshakes

Milkshake menjadi minuman sehat dan enak lain yang dapat dikonsumsi pada waktu sahur. Ada berbagai resep milkshakes yang tersedia di internet, mulai dari rasa cokelat, vanila, hingga mengombinasikannya dengan pisang.

Namun perlu diingat bahwa satu gelas minuman seperti milkshakes dan smoothies belum mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Kamu juga harus memastikan keseimbangan cairan tubuh dengan minum air mineral yang banyak.

 

Sumber : Bisnis

Membuat Kolak Pisang untuk Berbuka Puasa

Previous article

Whatsapp Segera Gandakan Peserta Panggilan Video

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary