Flash InfoLifestyle

Komunitas Muslim AS Bantu Warga Hadapi Corona

0
ramadan
Ilustrasi. Hazim Macky mengambil makan berbuka puasa dari Mohamed Saleem yang disiapkan untuk masyarakat di luar Asosiasi Muslim Puget Sound pada hari pertama Ramadan di tengah wabah corona di Redmond, Washington, AS, 24 April 2020. (Foto: Reuters/Lindsey

STARJOGJA.COM, LIFESTYLE – Komunitas Muslim AS Bantu Warga Hadapi Gelombang Pandemi Corona. Salah satunya adalah komunitas muslim di Arizona .

Mereka termasuk di antara banyak kelompok yang bersama-sama membantu tetangga mereka yang membutuhkan pertolongan. Mulai dari menyelenggarakan dapur umum untuk masyarakat, hingga mengirim barang-barang belanjaan untuk mereka yang tidak bisa keluar rumah maupun kaum launsia.

Masud Rahman dari ‘Muslim Outreach and Volunteer Enterprise’ (MOVE), yang ditemui tim TV ABC 15, mengatakan, banyak orang yang mendatangi dapur umum yang diselenggarakan kelompoknya di berbagai lokasi di kawasan Phoenix, Arizona.

“Siapapun yang mendatangi pintu kami, kami tidak pernah menolak siapapun,” kata Rahman.

BACA JUGA : Situs Muslim Milenial Hapus Stereotip bagi Jutaan Orang

Ia menambahkan bahwa sebagian besar orang yang dilayani MOVE berasal dari keluarga berpenghasilan rendah, dari berbagai ras. MOVE juga bahkan membantu sejumlah pengungsi yang dimukimkan di kawasan tersebut.

MOVE mengemas paket-paket makanan bagi mereka yang membutuhkan. Mulai dari pasta, gula, tepung terigu, minyak goreng, produk-produk sanitasi pribadi, peralatan mandi, bahkan popok bayi. Para sukarelawan kelompok ini mengemas paket itu sesuai dengan kebutuhan individu pada masing-masing keluarga.

Selama beberapa pekan, mereka sempat kesulitan menemukan pasokan untuk mengisi rak-rak di dapur umum mereka, karena toko-toko juga mulai kehabisan begitu banyak jenis barang. Mereka mengakalinya dengan membagi rata apa yang tersedia bagi setiap keluarga. Tisu kamar mandi yang sempat menjadi langka di toko misalnya, diberikan bukan dalam satu pak penuh, melainkan beberapa gulung saja per keluarga.

Kelompok lain yang juga berbelanja untuk kaum yang membutuhkan adalah ‘Arizona Muslim Alliance’. Para sukarelawan kelompok ini menerima daftar belanjaan dari kaum lansia, penyandang disabilitas, dan orang-orang dewasa yang tidak dapat meninggalkan rumah. Para sukarelawan kemudian pergi berbelanja untuk mereka, melalui program Community Grocery Service, atau Layanan Berbelanja Komunitas.

Ahmed Abouhussein, seorang mahasiwa S-3 di Arizona State University, termasuk salah seorang sukarelawan Aliansi ini. Ia ditemui tim TV ABC 15 sedang berbelanja bagi seorang lansia.

“Kita semua menghadapi ini bersama-sama, kita semua adalah satu komunitas,” kata Abouhussein.

SUMBER : VOA

PMI DIY Jangkau Ribuan Titik Layanan Covid-19

Previous article

Pemkab Sleman Sosialisasi di Posko Isolasi Mandiri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info