Health

Pelaksanaan PSBB di Bodebek, Warga Belum Disiplin

0
Rakyat China demo

STARJOGJA.COM, Info – Kunci sukses Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di Bandung Raya dan Bodebek ternyata masih ada warga yang belum disiplin. Hal ini membuat kasus penyebran Covid-19 di wilayah itu masih tinggi.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan pihaknya mendapatkan laporan menjelang berbuka puasa disinyalir masih ada warga yang menggelar kebiasaan ngabuburit atau menunggu bedug magrib.

“Mereka mengabaikan aturan PSBB, ini perlu edukasi dari aparat terkait. PSBB penting kita sukseskan terkait social distancing, masyarakat terbiasa memakai masker, dan berperilaku hidup sehat,” katanya dalam keterangan pers di Youtube Humas Jabar, Selasa (28/4/2020).

Baca Juga : Kunci Sukses PSBB, Masyarakat Harus Disiplin

Berli mencatat ada tiga daerah di PSBB Bodebek yang mengalami penurunan kasus yakni Kota dan Kabupaten Bekasi lalu Kota Bogor hingga 38,5 persen. Meski selama sembilan hari pelaksanaan PSBB ada penurunan, tetapi secara wilayah menunjukan perluasan kasus.

“Jadi menyebar, dari 50 kasus tambahan, dari daerah-daerah yang tersebar di Bodebek,” katanya.

Dia juga mencatat secara umum terjadi pertumbuhan kasus positif dan kasus yang sembuh di Kota Depok dan Kota Bogor, namun paling banyak pasien yang sembuh datang dari Kabupaten Bekasi. “Sebaran kasus yang belum terlihat signifikan, sekali lagi jumlah totalnya meningkat,” ujarnya.

Hal yang sama menurutnya terjadi di PSBB Bandung Raya yang mulai lusa akan memasuki pelaksanaan pekan kedua. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat tersebut mengaku secara umum pelaksanaan PSBB di Bandung Raya belum membawa tanda-tanda perubahan.

“Dari pertambahan kasus, sebaran kasus, secara total masih menunjukkan tren meningkat di berbagai kategori,” katanya.

Tren kenaikan menurutnya terjadi sangat cepat pada hari ini. Pada siang tadi, pasien positif di Jawa Barat sudah mencapai 951 orang, lalu pada sore hari sudah menjadi 969 orang. Terjadi penambahan pula pada kasus pasien positif yang meninggal dari 78 orang pada siang tadi, menjadi 79 orang. Sementara yang sembuh naik dari 96 pada tadi siang menjadi 103 orang.

“Ada tren baik yang sembuh, tapi penambahan kasusnya juga masih cukup tinggi. Ada yang memprihatinkan masih adanya positif kemudian meninggal,” ujarnya.

Sumber : BIsnis

Kunci Sukses PSBB, Masyarakat Harus Disiplin

Previous article

China Kirim Tes Covid-19 ke Korea Utara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health