News

11 WNA India di Bandiklat Sempu Berstatus Sehat

0
ODP di Indonesia
FOTO : BPBD DIY

STARJOGJA.COM, JOGJA – 11 WNA India di Bandiklat Sempu Berstatus Sehat. Mereka adalah bagian dari 15 WNA India yang tertahan di Yogyakarta karena imbas lockdown di negaranya.

Berdasarkan data hasil pemeriksaan RS Rujukan COVID-19 pada Senin (27/04) tercatat bahwa terdapat Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan India dinyatakan positif COVID-19. Adapun pasien positif tersebut berjumlah total 4 orang dan saat ini tengah menjalani perawatan di RS Hardjolukito, Sleman.

Sekretaris Daerah DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji,  menyatakan bahwa pada mulanya, 4 WNA yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut diperiksa bersama dengan 11 rekan WNA yang juga dari India. Kelimabelas WNA India ini telah berada di Yogyakarta sejak satu bulan lamanya dan tidak bisa kembali ke negara asal karena sedang lockdown.

“Lima belas WNA ini awalnya berada di sebuah masjid di kawasan Sleman dan petugas sudah menjalani rapid test. Dari hasil rapid test tersebut, 9 diantaranya dinyatakan positif COVID-19,” ujar Aji.

Adapun 9 WNA tersebut kemudian dirujuk ke RS Hardjolukito untuk menjalani tes swap. Pada akhirnya hanya 4 orang saja yang benar-benar positif.

“Keempat orang ini hingga saat ini masih dirawat di RS Hardjolukito, sementara 11 orang lainnya yang dinyatakan negatif diberikan akomodasi di Badan Diklat Pemda DIY, Gunung Sempu, Bantul, Yogyakarta.

Menurutnya, 11 WNA yang ada di pusdiklat Gunung Sempu dalam kondisi sehat. Mereka telah menjalani serangkaian test yang memastikan mereka sehat.

“ WNA India Berstatus Sehat.Mereka saat ini berada di Badan Diklat Gunung Sempu. Jadi masyarakat sekitar jangan khawatir. Mereka ini malah sudah dipastikan kesehatannya karena telah menjalani prosedur pemeriksaan kesehatan dari mulai rapid test hingga tes swap,” jelasnya.

Menindaklanjuti teknis kepulangan WNA tersebut, Pemda DIY telah berkoordinasi dengan Kedutaan Besar India untuk dapat memulangkan WNA tersebut dengan repatriasi.

“Selain itu kami juga sudah koordinasikan dengan Kemenlu terkait persoalan ini. Bagaimanapun juga, kita harus tetap memperlakukan dan memfasilitasi orang asing dengan baik,” tutup Aji.

Pasien Positif Virus Corona Indonesia Tambah 260 Orang

Previous article

Dekorasi Pengantin Beralih Buat Peti Jenazah Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News