Pendidikan

Belajar di Rumah dengan Menggunakan Google Earth

0
belajar dengan Google Earth
Credit : Reuters

STARJOGJA.COM, Info – Anak diwajibkan belajar di rumah karena wabah corona. Orang tua banyak merasa kewalahan untuk mengajarkan anaknya ketika harus belajar di rumah. Namun ada orang tua yang justru mampu membuat anak tertarik belajar di rumah dengan menggunakan Google Earth.

Berikut adalah empat cara mudah bagi siapa saja untuk menggunakan Google Earth sebagai sarana belajar atau cuma untuk sekadar merasakan bepergian dan berpetualang di tempat-tempat baru sambil tetap aman di rumah.

1. Berkeliling dunia dengan tombol “Saya Lagi Beruntung”

Fitur “Saya Lagi Beruntung” Google Earth mensimulasikan pengalaman memutar sebuah globe dan mendaratkan jari Anda di sebuah tempat yang tidak terduga. Cukup dengan mengklik tombol “dadu”, Anda bisa belajar tentang dunia dan mengunjungi tempat yang tidak terduga.

Baca Juga : Kemendikbud Gandeng Unicef Evaluasi Belajar di Rumah

Temukan tempat-tempat menarik di seluruh dunia dengan tombol “Saya Lagi Beruntung”, sebuah fitur yang membawa Anda ke tempat tidak terduga dengan satu klik saja.

2. Mengukur dunia

Kalau Anda penasaran berapa kilometer jarak rumah Anda dari Machu Picchu atau berapa mil jarak antara Pulau Paskah dan Hawaii, rasa penasaran Anda akan terjawab. Dengan alat ukur Google Earth, Anda bisa dengan mudah mengetahui jarak antara lokasi berbeda, panjang jalur, dan luas sebuah tempat.

Coba ubah satuan ukurannya, misalnya ke satuan smoot, dan hitung berapa lama Anda harus berjalan, berlari, berenang, mendayung, atau terbang ke tempat favorit Anda.

Gunakan garis dan bentuk untuk memeriksa jarak dan memperkirakan luas berbagai tempat di Bumi

3. Bermain dan menjelajah dengan Voyager di Google Earth

Sebaik apa pengetahuan Anda tentang taman-taman nasional di dunia? Seperti apakah suara pinguin? Hanya dengan beberapa klik, Anda bisa menguji pengetahuan Anda tentang taman nasional, suara hewan, atau eksplorasi ruang angkasa. Anda bahkan bisa menjelajahi dunia bersama Carmen Sandiego.

Ikuti Carmen Sandiego dalam permainan menjelajahi dunia dan pelajari tempat-tempat baru serta budaya dan adat istiadatnya

Para siswa juga dapat mencoba bermain Earth Bingo atau mencari huruf dengan citra satelit. Selain itu, pertimbangkan penggunaan Street View untuk memainkan permainan “Cari benda yang kulihat” secara digital dan cari benda-benda yang ada di versi online dari jalan serta lingkungan dekat rumah siswa, atau bahkan di museum,

4. Kunjungi situs partner edukasi Google

Banyak dari penyusun cerita Voyager kami memiliki materi dan aktivitas online gratis yang memanfaatkan Google Earth. Para siswa dapat mengasah keterampilan geografis mereka dan menemukan inspirasi bersama National Geographic. Anda dapat menghadirkan koleksi video dan rencana pelajaran World Explorers dari PBS Learning Media ke kelas hanya dengan mengklik tombol “Share to Google Classroom”.

Media4Math telah menyusun koleksi materi yang menambahkan konteks dunia nyata ke prinsip-prinsip matematika seperti geometri bangunan puri dan struktur berbentuk lingkaran.

5. Pelajari peran segitiga dalam bangunan-bangunan terkenal

Setelah belajar tentang bentuk, lanjutkan dengan mempelajari suara menggunakan kurikulum Global Oneness Project yang membahas keanekaragaman bahasa dan kelanggengan bahasa daerah dari pengguna bahasa tersebut di berbagai belahan dunia. Kurikulum ini adalah pelengkap dari koleksi audio Google Earth, Celebrating Indigenous Languages.

Anda bisa menemukan lebih banyak materi dan aktivitas kelas Google Earth di situs Google Earth Education serta TES, sebuah pusat koleksi materi yang berisi banyak konten penting untuk belajar di rumah. Pengajar yang ingin berbagi ide tentang pemanfaatan Google Earth dan alat pemetaan di kelas dengan pengajar-pengajar lain dapat mengunjungi Google Earth Education Community Forum yang baru, dan terus mengikuti Google Earth di Twitter dan Facebook.

Sumber : Bisnis

BNNP DIY Amankan Ganja 3,41 Kg

Previous article

Pandangan Ketua PP Muhammadiyah soal Covid-19

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan