Kota JogjaNews

2 Napi Asimiliasi Berulah Dimasukkan ke Bui Lagi

0
napi asimilasi

STARJOGJA.COM, JOGJA – Dua narapidana yang mendapatkan asimilasi setelah adanya virus Corona, BA (20) dan AA (20) serta satu warga asal Kraton DA (18) harus berurusan dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Umbulharjo.

Pasalnya, ketiga orang tersebut diduga melakukan tindak pidana ancaman kekerasan dengan menggunakan senjata tajam berupa parang.

Kapolsek Umbulharjo, Kompol Achmad Setyo Budiantoro membeberkan kronologi kejadian berawal dari teriakan korban yang menyulut emosi pelaku.

Baca juga : Khawatir Kena Corona, Abu Bakar Baasyir Ajukan Asimilasi

“Kejadian sendiri terjadi pada 27 April 2020 lalu sekitar pukul 04.00 WIB. Jadi, DA memiliki masalah dengan seseorang dan berniat mencari orang tersebut. Agar tak sendiri, DA mengajak temannya BA dan AA. Mereka berjalan terpisah, BA dan AA menaiki motor jenis KLX, sementara DA menggunakan mobil,” katanya, dikutip dari Harianjogja.com, Senin (4/5).

Setyo melanjutkan, BA dan AA berada di depan diikuti oleh DA yang menaiki mobil. Namun, saat di jalan Timoho, BA dan AA berpapasan dengan pelapor yakni Sandri Dhanu Rainnata (25).

“Saat berpapasan itu pelapor kaget dan meneriaki dua pelaku dengan kata “HOE”, karena hampir bertabrakan, motor pelaku sengaja tidak menggunakan lampu. Karena tak terima, pelaku berputar arah dan mengejar pelapor,” kata dia.

Pelapor, kata Setyo lantas berlari menuju kawasan Balerejo, Kelurahan Muja-Muju, Kecamatan Umbulharjo, karena merasa terancam. Pelapor kemudian meminta perlindungan warga dan berbalik mengejar BA dengan AA.

“Melihat dua pelaku dikejar warga, DA yang naik mobil ini turun dan membantu rekannya dengan membawa sajam berupa parang untuk menakuti warga. Tapi karena kalah jumlah, tiga pelaku ini malah dihajar warga. Akhirnya kami datang dan mengamankan pelaku,” katanya.

Setyo menjelaskan, dua pelaku BA dan AA merupakan napi asimilasi dari program Kemenkumham. Program asimilasi seperti diketahui diberlakukan untuk mengurangi jumlah napi dalam penjara akibat pandemi Covid-19.

“Pelaku BA merupakan napi asimilasi dari Lapas Bantul, dia pernah melakukan pencurian motor pada 2017 lalu. Sementara AA adalah napi asimilasi dari Lapas Wirogunan yang terlibat penganiayaan hingga korban meninggal. Saat ini ada dua orang yang ada di sini, pelaku AA dikembalikan ke Lapas Wirogunan karena asimilasinya akan dicabut ,” jelas dia.

Polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, antara lain sebuah pedang berukuran 1 meter, celurit serta satu sepeda motor jenis KLX. Atas tindakan pelaku, mereka dijerat pasal 336 dan UU Darurat No 12 Tahun 1951.

Sumber ; jIBI/Harianjogja.com

Bayu

Sebagian Besar Tenaga Medis Melakukan Isolasi, Puskesmas Pleret Tutup

Previous article

Alhamdulillah, Satu Pasien Sembuh Dan Tidak Ada Penambahan Kasus

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja