Flash InfoHealth

Peneliti Inggris Kembangkan Alat Tes Antibodi Corona, Akurat 99,8 Persen

0
Virus Corona Varian Mu
Peneliti Edinburgh di perusahaan skrining darah Quotient mengembangkan kit untuk melihat apakah orang kebal terhadap Covid-19 dengan melihat antibodi terhadap penyakit tersebut. - Evening Standard

STARJOGJA.COM, FLASH INFO – Kabar baik datang dari dunia kesehataan di Inggris. Ilmuwan Inggris telah berhasil mengembangkan tes antibodi virus corona baru Covid-19 yang mereka katakan memberi hasil dalam 35 menit dengan akurasi 99,8 persen.

Peneliti Edinburgh di perusahaan skrining darah Quotient telah mengembangkan kit untuk melihat apakah orang kebal terhadap Covid-19 dengan melihat antibodi terhadap penyakit tersebut.

Setiap mesin penyaringan serologis memiliki kapasitas hingga 3.000 tes sehari.

Baca juga : Imunisasi Bayi Harus Tetap Diberikan di Tengah Wabah Corona

Tetapi ada kekhawatiran National Health Service (NHS) bisa melewatkan tes karena tingginya minat di seantero Eropa.

Sampai saat ini baru terdapat 12 mesin penyaringan yang tersedia. Diharapkan pada akhir tahun 2020 bisa tersedia 20 unit. Beberapa negara di Eropa mengaku tertarik untuk mendapatkan mesin ini.

Tes bertujuan menentukan apakah seseorang telah mengembangkan antibodi terhadap virus Covid-19, biasanya setelah terinfeksi oleh penyakit, dan karena itu kebal dari terinfeksi lagi akibat serangan virus itu berikutnya.

Pada Jum’at pekn lalu, Quotient menerima persetujuan peraturan Eropa untuk mesin skrining serologis MosaiQ dengan sensitivitas 100 persen dan spesifisitas 99,8 persen, yang berarti ada kemungkinan rendah kesalahan baca.

Kepala eksekutif Franz Walt, yang merupakan direktur pelaksana laboratorium yang mengembangkan tes diagnostik pertama untuk Severe acute respiratory syndrome (SARS) pada 2003, mengaku “benar-benar bangga telah mengembangkan tes yang cepat dan akurat”.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Arif Mujiono

New Zealand Berencana Buka Perbatasan Australia

Previous article

Sebagian Besar Tenaga Medis Melakukan Isolasi, Puskesmas Pleret Tutup

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info