Flash InfoHealth

Ini Penjelasan Kenapa Hasil Tes PCR Lama Keluarnya

0
penyintas omicron
Tes Covid-19

STARJOGJA.COM, FLASH INFO – Pemerintah terus melakukan berbagai upaya guna menekan penyebaran kasus virus Corona atau Covid-19, salah satunya ialah dengan melakukan pemeriksaan secara massif.

Plt. Kepala Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan, Adbul Kadir mengatakan bahwa waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan Covid-19 melalui metode tes PCR hanya berkisar 2 jam.

Namun, hasil pemeriksaannya biasanya baru diketahui pasien beberapa hari setelahnya.

Mengenai hal tersebut, Abdul menjelaskan bahwa keterlambatan hasil pemeriksaan yang diperoleh pasien kerap terjadi lantaran keterlambatan dalam pengiriman spesimen ke laboratorium.

Baca juga : Dua Orang Reaktif di Rapid Test Massal Bantul

Selain itu, ada laboratorium dengan kapasitas kecil, tetapi dengan jumlah spesimen yang jauh lebih banyak.

Hal itu menyebabkan terjadinya antrian spesimen yang menyebabkan keterlambatan penyampaian hasil pemeriksaan.
Baca Juga : Rilis Covid-19 Dinilai Tidak Real Time Akibat Terkendala Hasil PCR

Sementara itu, saat ini Kemenkes mengklaim bahwa kapasitas 41 laboratorium yang beroperasi saat ini mampu melayani pemeriksaan di atas 10.000 tes per hari atau melampaui target yang diminta oleh Presiden Jokowi.

“Anjuran atau harapan Presiden untuk mendapatkan pemeriksaan minimal 10.000 per hari, kapasitas [laboratorium] kita sebenarnya sudah melampaui,” ujar Adbul dalam siaran langsung di Metro TV pada Rabu (6/5).

Dari 41 laboratorium yang sudah beroperasi sampai dengan saat ini, dia menyatakan kapasitas untuk pemeriksaannya sudah mencapai 12.300 tes per hari.

Sementara itu, hingga 5 Mei 2020, sebanyak 121.547 spesimen terkait Covid-19 telah diperiksa yang berasal dari 88.924 orang.

“Jumlah spesimen lebih banyak dari jumlah orang karena satu orang bisa diperiksa lebih dari satu kali sehingga spesimennya pun pasti lebih dari satu,” jelasnya.

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Bayu

Perdagangan Tembakau Gorila Di Kemasan Kopi Terungkap

Previous article

Update Covid-19 : 5 PDP di DIY Meninggal Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info