Kab SlemanNews

Hasil Tes Cepat Petugas BPBD Sleman Negatif

0
tes antigen
Ilustrasi rapid test

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Hasil Tes Cepat Petugas BPBD Sleman Negatif. Pemkab Sleman melakukan tes cepat terhadap Tim Reaksi Cepat (TRC) petugas dekotaminasi (penyemprotan) dan petugas pemakaman jenazah dari BPBD Kabupaten Sleman. Hasil pemeriksaan semuanya negatif COVID-19.

“Dari total 61 petugas yang dilakukan ‘rapid test’ (tes cepat), semuanya menunjukkan hasil nonreaktif atau negatif COVID-19,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Joko Hastaryo.

Hasil Tes Cepat Petugas BPBD Sleman Negatif. Joko mengatakan hasil tersebut sebagai melegakan semua pihak, sedangkan petugas dapat melaksanakan tugasnya kembali dengan penuh semangat.

“Semoga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam penanganan COVID-19, semua tetap aman dalam menjalankan tugas,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Joko Supriyanto mengatakan tes cepat tersebut untuk meyakinkan bahwa tidak ada reaktif COVID-19 bagi petugas yang berada di garda depan.

“Ada 61 orang yang dites dari total petugas sekitar 70 orang dan sepuluh hari ke depan akan dilakukan tes ulang yang kedua kalinya,” katanya.

Ia mengatakan hal itu dilakukan karena mereka bertugas di garda depan, yang selalu terjun ke lapangan, sehingga betul-betul dipastikan tidak ada yang terpapar COVID-19.

“Selain itu agar dalam bertugas tidak membahayakan masyarakat dan keluarganya,” katanya.

Joko mengatakan para petugas setiap hari melakukan penyemprotan dan pemakaman jenazah masyarakat umum yang meninggal bukan karena positif COVID-19.

Namun, katanya, karena ada ketakutan dari masyarakat untuk memakamkan jenazah, hal itu kemudian diambil alih oleh petugas dengan standar pemakaman COVID-19.

“Namun petugas ini juga siap bila sewaktu-waktu ditugaskan untuk memakamkan jenazah COVID-19 karena sudah dilakukan pelatihan,” katanya.

Ia mengatakan sebenarnya protap pemakmaan penanganan jenazah korban COVID-19 dari rumah sakit sudah aman dari virus sehingga tidak mungkin para petugas terkontaminasi karena petugas juga menggunakan APD secara lengkap.

“Hal ini tidak perlu ditakutkan oleh masyarakat dan tidak perlu ada penolakan jenazah korban positif COVID-19 maupun meninggal yang bukan COVID-19,” katanya.

Salah satu petugas pemakaman, Sigit, mengaku awalnya maksanakan tugas dengan merasa takut dan was-was karena mempunyai keluarga.

Namun, dari keluarga dan para tetangga juga mendukung dalam tugas itu sehingga memantapkan dirinya dalam melaksanakan tugas.

“Saat ini saya juga membatasi dalam pergaulan di lingkungan sehingga lingkungan juga tidak merasa khawatir dapat tertular. Walaupun dalam bertugas sudah dilengkapi APD lengkap, namun untuk kehati-hatian saja,” katanya.

Kasus Positif di DIY Tambah 15 Orang

Previous article

WHO : Hati -Hati Saat Pelonggaran Lockdown

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman