News

11 Orang Positif Covid-19 di Bandara Soetta

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM, Info – Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara (KKP) Bandara Soekarno-Hatta atau Soetta memastikan 11 orang yang positif Covid-19 berasal dari penerbangan repatriasi atau pemulangan WNI yang berada di luar negeri, bukan dari penerbangan rute domestik.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Internasional Soekarno-Hatta Anas Maruf mengatakan 11 orang tersebut merupakan anak buah kapal (ABK) yang naik pesawat sewa asal Italia, Neos. Adapun, nomor penerbangannya adalah NO 370 yang tiba pada Kamis (7/5/2020) malam.

“Saya klarifikasi, [orang yang positif Covid-19] itu yang baru pulang dari luar negeri. [Bandara] masih sepi, paling orang repatriasi yang datang,” kata Anas, Jumat (8/5/2020).

Dia memastikan tidak ada penumpang rute domestik maupun keberangkatan yang terjangkit virus. Terlebih, karena pemerintah sudah membuat protokol kesehatan bahwa sebelum membeli tiket pesawat harus memiliki surat keterangan sehat bebas Covid-19.

Pihaknya menambahkan sebanyak 11 orang eks ABK yang terjangkit virus corona tersebut telah dibawa ke Wisma Atlet untuk penanganan lebih lanjut.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan mengingatkan PT Angkasa Pura II (Persero) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk lebih tanggap terhadap jadwal kedatangan penumpang dan sigap dalam menerapkan protokol penanganan Covid-19.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengatakan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 18/2020, diwajibkan kepada seluruh operator bandara untuk menerapkan protocol kesehatan yang ketat termasuk dengan mengatur jaga jarak penumpang baik di saat keberangkatan maupun kedatangan di semua lokasi di bandara.

Adapun, hal ini disampaikan terkait dengan adanya kejadian penumpukan penumpang penerbangan internasional yang tiba hampir bersamaan di terminal 3 Soekarno Hatta pada Kamis (7/5/2020) siang hingga sore hari.

Sumber : Bisnis

Kasus Corona di Negara Meksiko Semakin Parah

Previous article

PSBB Kabupaten Sleman Tunggu Hasil Swab Indogrosir

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News