Health

Presiden Moon Jae In Catat Sejarah karena ini

0
Presiden Moon Jae in
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in (antara)

STARJOGJA.COM, Info – Presiden Moon Jae-in mencetak rekor dukungan tertinggi sepanjang sejarah kepresidenan di Korea Selatan. Hal ini menjadi bukti atas dukungan publik soal penanganan pemerintah melawan wabah penyakit virus corona (Covid-19).

Dalam jajak pendapat mingguan oleh Gallup Korea yang dirilis Jumat (8/5/2020), rating dukungan untuk Moon Jae-in mencapai 71 persen, seperti dilansir Bloomberg.

Tak hanya mencatat level tertinggi sejak pemerintahan Moon dimulai pada Juli 2018, rating dukungan itu juga adalah yang tertinggi di antara presiden-presiden Korsel yang menjalani dua tahun terakhirnya dari masa jabatan selama lima tahun.

Baca Juga : Jokowi Sebut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in Kakak

Hasil ini keluar setelah laju infeksi baru virus corona di Korea Selatan turun ke angka single digit beberapa pekan lalu, sehingga memungkinkan pemerintahan Moon melonggarkan kampanye jarak sosial (social distancing) dan mulai membuka kembali sekolah-sekolah pada 13 Mei mendatang.

Rekor tersebut dibangun di atas momentum yang dicetak koalisi berkuasanya pada bulan April, dengan kemenangan pemilihan parlemen terbesar sejak berakhirnya pemerintahan yang didukung militer lebih dari tiga dekade lalu.

Hal ini memberi sinyal kepada para pemimpin global bahwa respons pandemi yang kuat dapat memenangkan hati masyarakat.

Korea Selatan, yang pada awal Maret mencatat jumlah kasus tertinggi kedua di belakang China, telah mampu mengendalikan penyebaran virus mematikan ini tanpa harus mengambil langkah-langkah berat seperti memberlakukan lockdown, mengamanatkan penutupan bisnis, ataupun melarang perjalanan ke luar negeri.

Seperti para pemimpin dunia lainnya, Moon sempat keliru karena kasus infeksi corona melonjak hanya beberapa hari setelah ia memprediksi virus ini akan dapat dihentikan dalam waktu yang tak lama.

Namun, fokus pemerintah pada pengujian massal dan isolasi pasien terjangkit virus corona telah membuahkan hasil dengan penurunan yang tajam dalam penyebarannya.

Sumber : Bisnis

Pemerintah Klaim Kasus Virus Corona di Indonesia Tidak Ekstrem

Previous article

Ini Hasil Rapid Test Pejabat Utama Polda DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health