Health

Risiko Penderita Jantung Terinfeksi Corona

0
meninggal dunia usai olah raga
jantung (Boldsky)

STARJOGJA.COM, Info – Penderita jantung sebaiknya tetap menjaga imunitas saat pandemi virus corona. Pasalnya, risiko kematian cukup tinggi jika penderita jantung ini sudah terinfeksi virus corona.

Hal tersebut disampaikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Vito Anggarino Damay Sp. JP (K), M. Kes, FIHA, FICA, FAsCC. “Iya. Karena adanya Covid membuat jantung tidak stabil karena terinfeksi,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Dia menerangkan lebih dari setengah orang yang dirawat di ruang kritis saat ini adalah mereka yang memiliki penyakit jantung dan pembuluh darah.

Baca juga : Aktivitas Ringan Setiap 20 Menit Penting bagi Penderita Penyakit Jantung

“Pernah struk, lemah jantung, bengkak jantung, riwayat jantung,” tambah Vito.

Mereka dengan gangguan jantung bila terinfeksi, manifestasi penyakitnya jauh lebih berat. Jantung terkait erat dengan paru-paru karena jantung memiliki pembuluh darah langsung ke paru-paru.

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah yang disalurkan juga ke paru-paru. Sementara paru-paru berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

“Ketika terinfeksi, akibatnya jantung kepayahan (bekerja memompa darah) kalo paru-paru sudah terinfeksi,” tambahnya.

Lagi pula saat ini virus corona kata Vito juga dapat menyerang langsung ke jantung. Sebab reseptornya bukan hanya di paru-paruKarena reseptornya, bukan hanya di paru-paru namun juga di jantung. “Paru-paru bisa diserang jantung juga,” tukasnya.

SUmber : Bisnis

Layanan Nikah di KUA Harus Lakukan Protokol Covid-19

Previous article

Hindari Rasa Cemas dengan Cara ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health