News

PT KAI Daops 6 Siapkan Skenario Terburuk

0
KA Prameks berhenti
Kereta Prameks

STARJOGJA.COM, Info – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 mempersiapkan skenario terburuk, jika nantinya ada orang yang sakit hingga meninggal mendadak di kereta, saat operasional kereta api mulai berjalan.

Manager Humas PT KAI Daop 6, Eko Budiyanto mengatakan simulasi telah dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. “Kami sudah persiapkan dari Satgas Covid Daop 6 nanti ada APD di kereta untuk beberapa petugas jika ada korban sakit atau meninggal, tentunya tidak kami harapkan terjadi juga,” ucap Eko, Sabtu (9/5/2020).

Skenario yang disiapkan nantinya jika ada orang yang sakit atau meninggal akan diturunkan di stasiun terdekat saat perjalanan dan dibawa ke Rumah Sakit terdekat nantinya. Selain itu Eko juga menjelaskan bahwa protokol pencegahan Covid-19 juga diberlakukan. Seperti kewajiban menggunakan masker, jaga jarak, penyediaan tempat cuci tangan, termasuk penyemprotan disinfektan.

Baca Juga : PT.KAI Daops VI Sukses Selenggarakan Angkutan Lebaran 2018

Eko menegaskan saat ini masih menunggu keputusan dari pusat untuk operasional KA luar biasa dijalankan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami masih menunggu. Kereta luar biasa itu pengaturan lain sendiri, kalau ada operasional ya tidak melanggar PSBB nanti. Semisal daerah yang gak boleh masuk atau dibatasi ya kami ikuti. Kemudian salah satunya juga harus ada surat kesehatan penumpang,” ucapnya.

Eko mengungkapkan untuk kriteria penumpang yang diperbolehkan akan merujuk dari Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Jika merujuk Surat Edaran yang ditetapkan pada Rabu (6/5/2020) tersebut bahwa kriteria yang diperbolehkan atau masuk kriteria pengecualian pembatasan perjalanan. Pertama perjalanan orang yang bekerja pada lembaga pemerintah atau swasta yang menyelenggarakan pelayanan percepatan penanganan Covid-19, pelayanan pertahanan, keamanan dan ketertiban umum, pelayanan kesehatan, pelayanan kebutuhan dasar, pelayanan pendukung layanan dasar, pelayanan fungsi ekonomi penting.

Selain itu juga, perjalanan pasien yang membutuhkan pelayanan kesehatan darurat atau perjalanan orang yang anggota keluarga intinya sakit keras atau meninggal dunia. Lalu repatriasi Pekerja Migran Indonesia (PMI), Warga Negara Indonesia (WNI), dan pelajar/ mahasiswa yang berada di luar negeri, serta pemulangan orang dengan alasan khusus oleh Pemerintah sampai ke daerah asal, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Sumber : Harianjogja

Roy Kiyoshi Gunakan Psikotropika untuk ini

Previous article

Khofifah Setujui PSBB Malang Raya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News