Kota JogjaNews

Aparat Perlu Diterjunkan Massif di Tempat Umum

0
selter covid-19
SUMBER : freepick

STARJOGJA.COM. JOGJA – Aparat perlu Diterjunkan Massif di Tempat Umum. DPRD DIY terus mendesak upaya peningkatan pengamanan untuk mempersempit penyebaran Covid-19. Penerjunan aparat untuk menghalau kerumunan di masyarakat perlu ditingkatkan secara massif.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, mengatakan munculnya empat klaster besar di DIY membuat divisi penegakan protokol kesehatan masyarakat dari Gugus Tugas penanganan Covid-19 DIY harus bekerja ekstra.

“Saat ini pandemi Covid-19 di DIY belum mereda. Bahkan pasien positif kian bertambah setiap harinya. Jangan sampai muncul klaster baru penyebaran Covid-19 ini,” katanya, Selasa (12/5/2020)

Ia menilai Warga terdorong keluar dan berkumpul karena kebutuhan ekonomi dan cenderung mengabaikan protokol kesehatan.

Ditambah lagi isyu pelonggaran PSBB di jakarta warga semakin merasa aman, padahal kondisi DIY berbeda dengan di ibukota. Saat ini sedang kondisi behaya, pada sisi lain masyarakat merasa mulai aman dan butuh bekerja.

” Kita tidak bisa melarang warga bekerja ke pasar dan ke tempat berkumpul lain, karena DIY tidak PSBB saat ini, tapi jika kondisi protokol kesehatan diabaikan akan menjadi sangat mengkhawatirkan kedepannya,” terangnya.

Oleh sebab itu, Huda menyebutkan Itulah pentingnya aparat keamanan massif diturunkan di tempat berkumpul warga untuk menegakkan protokol kesehatan.

Harus dibuat standarisasi bagaimana aktivitas di pasar, pintu masuk dan keluar yang terkontrol, semua wajib bermasker, diberi jarak cukup antar pedagang dan sebagainya. Tempat umum lain juga harus dibuat protab khusus sekaligus ditegakkan dengan adanya aparat.

” Tanpa penegakan oleh aparat, saat ini sulit untuk tertibnya warga di tempat tempat umum,” tegasnya.

Aparat keamanan jika tidak cukup banyak bisa melibatkan relawan kebencanaan yang ada seperti Tagana, TRC dan sebagainya. Mereka semua harus difasilitasi secara baik dari sisi APD, supply penjagaan kesehatan, kalau perlu insentif khusus.

Baginya, Penerjunan aparat untuk pencegahan ini akan jauh lebi murah dan efektif dibandingkan biarkan kasus menyebar. Akan sangat beresiko secara kesehatan dan ekonomi jika corona berkelanjutan dan tidak terkendali di DIY.

” Kami minta gugus tugas segera memetakan berbagai tempat keramaian yang ada, menyusun protab dan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota serta aparat keamanan untuk penertiban massif protab kesehatan,” jelasnya.

Penjagaan perbatasan penting untuk mencegah masuknya virus dari luar, tapi pencegahan di dalam DIY juga harus dilakukan karena sudah transmisi lokal.

” Khusus untuk perbelanjaan modern harus dipantau jangan sampai terjadi seperti indogrosir, jika ada toko atau pasar modern tidak laksanakan protab kesehatan saya usulkan ditutup saja sampai ada kepastian melaksanakan protab kesehatan dengan baik,” tutupnya.

Kelompok Radikal Takut saat TNI Terlibat Pemberantasan Terorisme

Previous article

Tingkatkan Keamanan di Saat Pandemi !

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja