Kota JogjaNews

PMI DIY Siap Turunkan Truk Tangki Gunner

0
PMI DIY
FOTO : PMI DIY

STARJOGJA.COM, JOGJA – PMI DIY segera mengoperasikan truk tangki gunner yang dilengkapi mesin pompa air, generator, dan gunner spray . Truk ini akan dipergunakan untuk memperluas cakupan penyemprotan disinfektan di wilayah DIY.

“Truk tangki gunner spray ini baru datang dari PMI Pusat untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di DIY,” kata Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo melalui keterangan tertulisnya kepada starjogja.com, Selasa ( 12/05).

Prabukusumo mengatakan penyemprotan disinfektan menjadi kebutuhan mendesak mengingat peningkatan kasus positif COVID-19 di DIY diduga kuat berasal dari transmisi lokal.

“Kendaraan ini akan dioperasionalkan dalam waktu secepatnya sebelum Idul Fitri di PMI Kabupaten/Kota. Pengoperasian truk akan dilakukan secara bergiliran dengan bekerja sama dengan TNI, POLRI, BPBD serta Gugus Tugas wilayah setempat,” kata dia.

Prabukusumo menyebutkan hingga 11 Mei 2020 cakupan operasi penyemprotan disinfeksi PMI DIY telah mencapai 1.489 titik di seluruh wilayah DIY dengan penerima manfaat sejumlah 383.241 orang.

Penyemprotan disinfektan menyasar fasilitas umum seperti area pendidikan, pemerintahan (perkantoran), pemukiman penduduk, fasilitas kesehatan, rumah ibadah, halte bus, pasar terminal.

Ia menjelaskan selain penyemprotan disinfektan, PMI juga mengedukasi masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19. Promosi kesehatan telah dilakukan di 242 titik dengan penerima manfaat sekitar 26.564 orang.

Setiap Senin PMI DIY mendistribusikan logistik penanganan Covid-19 untuk PMI Kabupaten/Kota. Pada 11 Mei 2020 PMI DIY mendistribusikan baju hazmat sejumlah 270 pcs, 40 unit face shield, cairan disinfektan sejumlah 1.344 pcs, 800 pcs hand scoon.

“Selain itu, kami juga memberikan baju hazmat 30 unit dan cairan disinfektan sejumlah 144 pcs untuk Kwarda Pramuka serta dua unit infrared frontal thermometer untuk KONI DIY,” kata Prabukusumo.

Warga yang Positif di Rapid Test Langsung Diisolasi

Previous article

Kelompok Radikal Takut saat TNI Terlibat Pemberantasan Terorisme

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja