Health

Mau Tahu Manfaat Menangis bagi Kesehatan

0
manfaat menangis bagi kesehatan
pemain italia menangis karena gagal ke piala dunia

STARJOGJA.COM, Info – Menangis nyatanya tak selalu buruk. Ternyata menangis memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Menangis dapat digambarkan sebagai respons fisik tubuh terhadap keadaan emosional saat seseorang mengeluarkan air mata dari kelenjar lakrimal atau saluran air mata.

Air mata yang dihasilkan dari tangisan yang diinduksi secara emosional memiliki komposisi kimia yang berbeda dan tidak sama dengan air mata yang dihasilkan karena infeksi mata dan sejenisnya.

Berikut manfaat kesehatan yang berhubungan dengan menangis seperti dilansir Boldsky:

1. Meredakan Stres dan Melepaskan Racun

Studi menunjukkan bahwa menangis membantu mengembalikan kondisi fisik dan mental dari respons terhadap keadaan normal, sehingga memunculkan sedikit stres. Menangis dapat membantu mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh hingga melepaskannya.

2. Meredakan atau Mengurangi Rasa Sakit

Penelitian telah menemukan bahwa air mata yang keluar membantu melepaskan oksitosin dan endorfin, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit fisik dan emosional. Oleh karena itu, menangis setelah jatuh memberi efek lebih baik dan sedikit meredakan rasa sakit.

Baca juga : Bayi Menangis Terus, Terapkan 9 Jurus Menenangkannya

3. Meningkatkan Mood

Dalam aspek psikologis, menangis dapat membantu meningkatkan suasana hati seseorang dan membuat mereka merasa lebih baik. Pelepasan oksitosin dan endorfin dapat membantu meningkatkan suasana hati.

4. Mengobati Mata Kering

Menangis sangat bermanfaat bagi mata Anda. Air mata dapat melumasi mata secara alami. Oleh karena itu menangis dapat mencegah kekeringan mata, kemerahan, dan iritabilitas.

5. Melawan Bakteri

Sebuah penelitian menemukan bahwa air mata yang diinduksi secara emosional mengandung enzim yang disebut lisozim, dan mungkin memiliki sifat antibakteri. Dikatakan studi tersebut bahwa menangis dapat membantu membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata.

6. Bantuan Tidur Pada Bayi

Sebuah penelitian menemukan bahwa menangis dapat membantu bayi tidur lebih baik. Menangis menciptakan efek menenangkan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit pada bayi, yang pada gilirannya membantu mereka tertidur lebih baik dan lebih cepat. Apakah menangis memiliki efek meningkatkan tidur yang sama pada orang dewasa? Belum ada penelitian soal ini

7. Membantu Menenangkan Diri

Para peneliti telah menunjukkan bahwa menangis mungkin merupakan salah satu mekanisme terbaik untuk menenangkan diri. Ditunjukkan bahwa menangis mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS), yang membantu tubuh beristirahat dan mencerna.

Terlepas dari manfaat menangis yang disebutkan di atas, pelepasan kecemasan emosional dapat membantu seseorang pulih dari kesedihan dan mengembalikan keseimbangan emosional.

Sumber : Bisnis

Hadapi Corona dengan Mengubah Cara Hidup

Previous article

Via Aplikasi ini Bisa Belajar Al-Quran dan Hadis

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health