News

190 TKA China Dipulangkan dari Palembang

0
Supermind
China atasi Hoaks (reuters)

STARJOGJA.COM, Info – Saat masa wabah Covid-19 ini ada 190 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China dipulangkan ke negaranya. TKA China ini dipulangkan setelah masa kontrak kerja mereka di Indonesia berakhir.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi Arvin Gumilang dalam keterangan tertulis, menjelaskan bahwa pemulangan TKA tersebut dibagi atas dua kelompok terbang (kloter).

Sebanyak 141 TKA, kata Arvin, telah diterbangkan dengan pesawat carter Cambodia Airways pada Rabu (20/5), selanjutnya pemulangan 49 orang lainnya akan dilakukan pada hari ini, Jumat (22/5) dengan pesawat yang sama.

Baca Juga : China Sedang Memenangkan Perang Vs Virus Corona

Para TKA tersebut dipulangkan melalui Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang yang diawasi langsung oleh Kantor Imigrasi Kelas I Palembang.

Arvin mengatakan bahwa para TKA asal Tiongkok itu dipulangkan dalam kondisi sehat.

“Berdasarkan pemeriksaan kesehatan oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan [KKP], mereka dipulangkan dalam keadaan sehat dan tidak reaktif terhadap Covid-19,” kata Arvin seperti dikutip Antara, Jumat (22/5/2020).

Direktorat Jenderal Imigrasi menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 dalam pemulangan mereka.

Pada kloter pertama, para TKA terlebih dahulu menjalani pemeriksaan keimigrasian dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

Mereka juga menggunakan pakaian pelindung diri (APD) dengan lengkap. Dari hasil pemeriksaan keimigrasian, kata dia, tidak ditemukan adanya pelanggaran apa pun.

Dalam hal ini, perusahaan selaku sponsor telah bertanggung jawab atas keberadaan TKA tersebut, mulai dari kedatangan, saat bekerja, hingga kepulangan ke negaranya.

“Pada waktu proses kepulangan TKA, dilakukan pengawasan dan pengawalan oleh pihak kepolisian, disnaker, imigrasi, dan KKP,” kata Arvin.

Sumber : Antara

Cerita Anne Avantie Produksi APD Jadi Puncak Karier

Previous article

Rektor UNJ Komarudin Ditangkap KPK

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News