CulinaryFlash Info

Ini Menu Lebaran Yang Aman Bagi Penderita Maag

0
puasa maag

STARJOGJA.COM. HEALTH – Menu masakan untuk Hari Raya Lebaran selalu identik dengan makanan bersantan, pedas, asam, dan berlemak. Padahal semua jenis makanan itu termasuk pantangan alias menu lebaran tidak aman bagi penderita maag atau GERD.

Lalu apa menu yang aman bagi penderita maag?

1. Semur ayam

Semur ayam bisa menjadi salah satu menu lebaran yang aman bagi maag Anda. Semur ayam memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Ayam mengandung lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi. Jadi orang yang mempunyai maag dibolehkan makan ayam asalkan tanpa kulitnya.

Ayam termasuk sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, ia juga mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A dan juga B1. Namun jangan lupa, hindari penggunaan merica dalam semur ayam agar tidak mengiritasi lambung.

2. Sayur Sop

Sayur sop dibuat dengan berbagai campuran sayur seperti kentang, wortel, buncis, seledri, dan tomat.

Anda juga bisa menambahkan suwiran dan potongan ayam ke dalamnya. Berbagai sayuran ini mengandung vitamin, mineral, serta serat yang dapat menyehatkan tubuh dan sistem pencernaan. Selain itu kombinasi sayuran ini juga dapat membantu mencegah sembelit yang biasanya terjadi saat kerja usus terganggu.

3. Rolade tahu

Umumnya olahan rolade terdiri dari daging sapi dan daging ayam, maka kali ini Anda bisa membuat rolade tahu. Tahu merupakan sumber protein nabati yang menyehatkan untuk pengidap maag yang mengandung isoflavon. Isoflavon dikenal memiliki manfaat untuk mencegah penyakit tulang dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Untuk itu, mengkreasikan tahu sebagai menu Lebaran bisa menjadi ide menarik yang sudah pasti menyehatkan. Guna menjaga nutrisinya, gorenglah rolade tahu dengan minyak sehat seperti minyak zaitun. Cara lain yang lebih sehat dengan mengukusnya dalam panci. Agar tampilan lebih menarik dan nutrisinya lebih banyak, Anda bisa menambahkan serat ke dalam adonan dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, wortel, dan juga labu siam.

4. Ikan kakap kuah kuning

Masakan ikan kakap kuah kuning bisa Anda jadikan lauk pengganti opor ayam. Dibandingkan dengan opor yang banyak mengandung santan, ikan kakap kuah kuning memiliki manfaat untuk kesehatan dari ikan dan rempah yang digunakan. Anda bisa menggunakan ikan kakap merah karena mengandung berbagai protein, mineral, dan vitamin, dan juga asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 bermanfaat mengurangi penumpukan lemak di hati, mencegah demensia, dan mengurangi peradangan pada sel yang bisa menjadi penyebab penyakit kanker hingga jantung.

Selain dari ikan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari rempah yang digunakan. Kunyit yang digunakan berkhasiat sebagai antioksidan, antiradang, dan memperlambat penuaan.

5. Sup jagung

Sup jagung bisa menjadi cemilan aat Anda malas untuk makan makanan berat. Jagung mengandung banyak vitamin dan mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh seperti folat, vitamin B6, niacin, kalium, dan vitamin B5. Tak hanya itu, antioksidan di dalam jagung berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Selain jagung, Anda bisa menambahkan suwiran ayam ataupun jamur yang dapat menambah nutrisi dan kelezatan.

Sekarang, Anda tak perlu khawatir lagi menyantap menu Lebaran sehat tanpa harus sakit maag. Selamat Idulfitri dan tetap jaga kesehatan ya!

sumber : bisnis.com

Ini Pesan Khusus Presiden Jokowi di Lebaran

Previous article

Dijaga Ketat, Objek Wisata Bantul Tutup

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary