Flash InfoLifestyle

Ini Perayaan Idulfitri di Dunia Saat Wabah Covid-19

0
idulfitri di dunia
Suasana Idul Fitri di Iran

STARJOGJA.COM. LIFESTYLE – Perayaan Idulfitri di Dunia Saat Wabah Covid-19  sangat berbeda. Beberapa negara di Timur Tengah termasuk Turki, Irak, dan Yordania, memberlakukan jam malam sepanjang liburan Idulfitri. Meski sebagian negara melakukan pelonggaran, namun kekhawatiran akan pandemi dan kejatuhan ekonomi tetap menghadang.Perayaan idulfitri di dunia pun berbeda.

Saudi Arabia, misalnya, tempat kota suci Mekah dan Madinah berada, dikunci sepenuhnya. Warga hanya diizinkan meninggalkan rumah mereka untuk membeli makanan dan obat-obatan.

Di Yerusalem lain lagi. Polisi Israel mengatakan mereka membubarkan sebuah “demonstrasi ilegal” dan menangkap dua orang di luar masjid Al-Aqsa.

Tempat itu ditutup oleh otoritas muslim untuk salat sejak pertengahan Maret lalu. Situs itu tidak akan dibuka kembali sampai setelah liburan Idulfitri. Jemaah yang mencoba memasuki kompleks akhirnya bertengkar dengan polisi.

Masjid Al-Aqsa adalah situs paling suci ketiga bagi umat Islam dan biasanya menerima puluhan ribu jemaah selama Idulfitri. Kompleks Puncak Bukit juga merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi yang mengenalnya sebagai Temple Mount. Situs tersebut telah lama menjadi titik api dalam konflik Israel-Palestina.

Iran

Iran, yang terus memerangi wabah paling mematikan itu di Timur Tengah, mengizinkan salat bersama di beberapa masjid tetapi membatalkan salat Idul Fitri tahunan di Teheran yang dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei. Iran sendiri telah melaporkan lebih dari 130.000 kasus dan lebih dari 7.000 kematian.

Sedangkan di Indonesia, negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia, melaporkan hampir 22.000 infeksi dan 1.350 kematian. Angka itu yang terbesar di Asia Tenggara.

Secara umum pemerintah memberlakukan penguncian untuk memutus rantai pandemi sehingga  tidak ada salat berjamaah di masjid atau bahkan lapangan terbuka. Demikian  juga dengan saling kunjungan keluarga meski di sejumlah tempat terjadi pelanggaran.

Ini Sejarah Rendang !

Previous article

Produksi Sekuel ‘Avatar’ Dilanjutkan Pekan Depan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info