Flash Info

Investor Kenamaan Indonesia Nabungnya di Reksa Dana

0
reksa dana Indonesia
Direktur Tanamduit Muhammad Hanif memberikan materi tentang investasi reksa dana dalam acara Bisnis Community yang diselenggarakan Bisnis.com di Jakarta, Sabtu (12/10/2019). - Bisnis/Agne Yasa

STARJOGJA.COM, Info –  Lo Kheng Hong Investor kenamaan Indonesia ternyata juga menempatkan dana yang akan digunakan untuk berbelanja saham ke dalam instrumen investasi reksa dana.

Pria yang mendapat julukan Warren Buffett Indonesia mengungkapkan dirinya memiliki uang atau portofolio yang cukup banyak di reksa dana PT Sinarmas Asset Management. Instrumen itu digunakannya untuk menyimpan uang yang nantinya akan dibelikan saham kembali.

“Uang yang belum habis dibelikan saham saya tempatkan di reksa dana Sinarmas,” ujarnya kepada Bisnis, Rabu (27/5/2020).

Dia memiliki alasan tersendiri kenapa memilih instrumen reksa dana untuk menyimpan uang yang nantinya akan digunakan untuk berbelanja saham. Menurutnya, reksa dana memiliki kemudahan dalam penarikan untuk dibelikan saham seperti tabungan.

“Saya tidak taruh uang ditabungan karena imbal hasilnya kecil,” jelasnya.

Lo Kheng Hong berpesan bagi yang ingin menaruh uang di reksa dana harus mengetahui siapa pemiliknya. Hal itu menyangkut kekuatan finansial.

“Apakah pemiliknya kuat secara finansial? memiliki bank? konglomerat yang sangat kaya agar uang kita aman ditangannya,” imbuh dia.

Seperti diketahui, dalam siaran persnya Selasa (26/5/2020), Sinarmas Asset Management (AM) mengonfirmasi sejumlah produknya telah disuspensi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pasalnya, telah terjadi volatilitas harga obligasi dan mengetatnya likuiditas di pasar membuat perseroan sulit mencapai harga jual wajar.

Sinarmas AM saat ini mencatatkan harga aset yang lebih konservatif di bawah harga pasar yang tidak sesuai dengan ketentuan harga wajar sejumlah produk tersebut. Namun, manajemen optimistis harga aset yang dimaksud akan pulih seiring dengan membaiknya kondisi pasar keuangan.

Adapun, tujuh produk reksa dana milik Sinarmas AM yang pembeliannya dan switching dibekukan sementara yakni Danamas Pasti, Danamas Stabil, Danamas Rupiah, Danamas Rupiah Plus, Simas Saham Unggulan, Simas Syariah Unggulan, Simas Syariah Berkembang.

Lo Kheng Hong sebelumnya menyatakan masih mempercayai Sinarmas AM. Pasalnya, perseroan dinilai memiliki sokongan finansialyang kuat dari konglomerasi Grup Sinarmas.

“Saya punya uang cukup banyak di reksa dana Sinarmas dan saya tidak tarik karena saya percaya kepada Sinarmas,” jelasnya.

Sementara itu, seluruh reksa dana mencetak imbal hasil cenderung positif sejalan dengan pergerakan indeks harga saham gabungan pada penutupan akhir pekan lalu.

Berdasarkan data Infovesta Utama pada periode 15 Mei 2020—20 Mei 2020 yang dirilis Selasa (26/5/2020), kinerja reksa dana saham yang tercermin dari Infovesta Equity Fund Index menguat 1,08 persen. Adapun, reksa dana campuran yang tercermin dari Infovesta Balanced Fund Index menguat 0,99 persen.

Penguatan juga terjadi untuk kinerja reksa dana pendapatan tetap tercermin dari penguatan Infovesta Fixed Income Fund Index yang menguat 0,76 persen. Selanjutnya, Infovesta Money Market Fund Index atau reksana dana pasar uang menguat 0,07 persen.

Adapun, obligasi pemerintah atau Infovesta Government Bond Index (IGBI) naik sebesar 0,74 persen. Sebaliknya, obligasi korporasi yang tercermin dari Infovesta Corporate Bond Index (ICBI) turun sebesar 0,02 persen.

“Seluruh reksa dana mencetak kinerja imbal hasil yang cenderung positif pada penutupan pekan lalu. Kinerja indeks harga saham gabungan mencatat pertumbuhan kinerja positif sebesar 0,85 persen,” tulis Invofesta Utama melalui riset mingguan, Selasa (26/5/2020).

Dengan melihat kinerja reksa dana, kebijakan Bank Indonesia, serta sentimen global, Infovesta Utama menyebut reksa dana berbasis pendapatan tetap menjadi lebih menarik bagi investor.

Pasalnya, terdapat potensi peningkatan kinerja yang didukung adanya pemangkasan suku bunga dalam jangka waktu dekat.

“Namun, untuk investor dengan horizon investasi yang lebih panjang tetap dapat mengakumulasi reksa dana berbasis saham mengingat valuasi pasar saham yang saat ini sedang murah dan berpotensi untuk mengalami kenaikan yang lebih tinggi dalam jangka panjang,” tulis Infovesta Utama.

Berikut produk reksa dana dengan return tertinggi secara bulanan (month to date) per 20 Mei 2020
Reksa Dana Saham Return (%)
Gemilang Dana Saham Indonesia 7,85
Capital Equity Fund 3,66
Foster Equity Fund 2,96
Reksa Dana Campuran
Capital Balanced Fund 2,62
Capital Optima Balanced 2,37
Pacific Balance Fund 1,96
Reksa Dana Pendapatan Tetap
Victoria Obligasi Negara 2,74
BNI-AM Prioritas Optima 2,67
Lautandhana Maxima Income Fund 2,54
Reksa Dana Pasar Uang
PNM DANA TUNAI 0,81
Majoris Pasar Uang Indonesi 0,63
HPAM Ultima Money Market 0,37

Sumber: Infovesta Utama 

Sumber : Bisnis

Syarat Daerah yang Bisa Jalani New Normal

Previous article

Pemerintah Siapkan Kondisi New Normal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info