NewsNusantara

Syarat Daerah yang Bisa Jalani New Normal

0
plasma konvalesen
Ketua Pelaksana Gugus Ketua Pelaksana GugusTugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo

STARJOGJA.COM, Info – Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia menuju new normal agar dapat produktif, tapi tetap aman dari Covid-19. Namun, kondisi new normal perlu ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh suatu wilayah.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa wilayah yang ingin memasuki tahap new normal, maka harus masuk dalam zona hijau. Artinya, daerah itu masih ada kasus tetapi dalam beberapa minggu terakhir memiliki indikator-indikator positif sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Antara lain kriterianya adalah masalah kesehatan masyarakat yang meliputi epidemiologis, surveilans kesehatan masyarakat, dan sistem pelayanan kesehatan,” kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Jokowi, Rabu (27/5/2020).

Baca Juga : New Normal di Jawa Tengah Nunggu Grafik Covid-19 Turun

Lebih detail, Doni menjabarkan wilayah yang hendak menerapkan new normal harus melaporkan penurunan jumlah kasus positif dalam dua pekan terakhir sebanyak lebih dari 50 persen. Kemudian penambahan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) juga harus turun lebih dari 50 persen dalam periode yang sama.

Hal tersebut juga harus diikuti oleh penurunan jumlah meninggal kasus ODP dan PDP. Begitu pula dengan penurunanan jumlah kasus positif yang dirawat di rumah sakit.

Selain itu, suatu wilayah yang ingin memasuki tahap new normal juga harus mencatat kenaikan jumlah sembuh dari kasus positif secara berkesinambungan. Hal ini diikuti pula dengan berkurangnya daftar ODP dan PDP yang masih dalam pengawasan atau pemantauan.

Terakhir, wilayah itu juga harus mencatat potensi penularan virus yang terlihat dari matriks R0 dan Rt kurang dari 1. Wilayah ini juga harus memiliki kemampuan pemeriksaan uji spesimen yang meningkat dalam 2 pekan terakhir.

“Kami tetap akan berkonsultasi dengan Bapak Menteri Bappenas dan juga Bapak Menteri Perekonomian, sehingga nanti daerah-daerah yang tentunya akan diberikan kelonggaran atau ditawarkan untuk melakukan aktivitas lebih luas itu juga berdasarkan kesanggupan dari daerah,” katanya.

Gugus Tugas Covid-19 mencatat 87 kabupaten/kota yang telah nyaris steril dari ancaman Covid-19 yang akan diberikan tawaran untuk menerapkan new normal. Wilayah ini berhasil menekan penyebaran karena warganya disiplin menerapkan anjuran pemerintah.

Sumber : bisnis

Bayu

Menjaga Kolesterol Usai Lebaran

Previous article

Investor Kenamaan Indonesia Nabungnya di Reksa Dana

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News