Health

WHO Tangguhkan Klorokuin Obat Covid-19, Nasib Pesanan BUMN

0
Obat Hydroxychloroquine
obat untuk corona

STARJOGJA.COM, Info – World Health Organisation (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan secara resmi penangguhan penggunaan klorokuin sebagai obat penanganan infeksi virus Covid-19.

Pada awal pekan ini, organisasi tersebut mendesak Indonesia untuk menyetop penggunaan obat yang awalnya digunakan untuk pengobatan pasien malaria tersebut.

Baca Juga : Akademisi Jerman Hentikan Riset Klinis Hidroklorokuin

Padahal, Presiden Joko Widodo pada Maret 2020 menyebutkan Indonesia telah memborong obat yang diyakini ampuh menangani infeksi Covid-19 itu sebanyak 3 juta unit. Bagaimana nasib yang sudah dibeli ini?

Menanggapi hal tersebut, staf khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menyatakan pihaknya akan mengikuti arahan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam hal penggunaan klorokuin nantinya.

“Kami ikut aja. Kemenkes yang mutuskan obat mana saja yang akan dipakai dan nggak boleh dipakai. Kalau ada keputusan Kemenkes, nanti ditarik,” ujar Arya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Arya mengatakan saat ini pabrikan farmasi di Indonesia sudah menyediakan klorokuin. Namun, bahan baku obat tersebut untuk saat ini masih diimpor dari India.

“Kalau yang klorokuin [sebanyak] 3 juta unit sudah tersedia [di Indonesia]. Kalau Kemenkes bilang ditarik, ya kita tarik,” sambungnya.

Untuk diketahui, salah satu produsen klorokuin di Indonesia adalah emiten farmasi PT Kimia Farma Tbk. (KAEF), dan beberapa perusahaan farmasi swasta lainnya seperti Dexa Medica, Imedco dan Fahrenheit.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga sudah menerbitkan informatorium Covid-19 yang mencakup pedoman dosis terperinci untuk penggunaan obat bagi pasien virus corona usia remaja dan dewasa yang menderita gejala sedang hingga berat.

Peringatan tersebut mencakup potensi komplikasi jantung, jika obat yang digunakan diolah bersama dengan antibiotik jenis azitromisin yang akhirnya dapat meningkatkan risiko gangguan irama jantung.

Sementara itu, BPOM nya Amerika Serikat, Food and Drug Administration (FDA) dalam laman resminya menyebutkan belum ada data pasti yang menunjukkan klorokuin aman dan efektif untuk digunakan bagi pasien mengidap Covid-19.

“FDA mendapati laporan masalah detak jantung yang serius pada pasien dengan COVID-19 yang diobati dengan hydroxychloroquine (hidrosiklorokuin) dan chloroquine (klorokuin), yang sering dikombinasikan dengan azitromisin dan obat-obatan lain yang memperpanjang QT,” tulis FDA dalam laman resminya yang dikutip Minggu (31/5/2020).

Sumber : Bisnis

IGI Minta Mendikbud Terbuka Penundaan Pemberlakuan New Normal

Previous article

AS Menerapkan Jam Malam 30 Kota dari Aksi George Floyd

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Health